Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Cuma Jadi Cadangan, Pemerintah Hong Kong Minta Penjelasan

Kompas.com - 06/02/2024, 08:04 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Messi tak bermain dalam laga uji coba Inter Miami melawan Hong Kong XI. Pemerintah Hong Kong pun merasa perlu meminta penjelasan.

Lionel Messi hanya berada di bangku cadangan dalam laga uji coba pramusim Inter Miami vs Hong Kong XI di Hong Kong Stadium, Minggu (4/2/2024).

Cedera hamstring menjadi alasan kenapa Messi tak diturunkan. Megabintang Uruguay, Luis Suarez, juga tak dimainkan dalam partai melawan Hong Kong XI

Kekecewaan dan kemarahan dari 38.323 penonton yang datang langsung di Hong Kong Stadium pun pecah.

Mereka yang sudah membayar lebih dari 1.000 dolar Hong Kong atau setara Rp 2 juta dengan harapan bisa menonton aksi Messi bersama Inter Miami, pada akhirnya tak melihat sang idola beraksi.

Baca juga: Ketika Messi dan Beckham Jadi Sasaran Kemarahan Fan Hong Kong...

Sejumlah suporter merasa dicurangi dan meminta penyelenggara pertandingan melakukan pengembalian dana alias refund.

Pemerintah Hong Kong pun merasa perlu ada penjelasan dari pihak penyelenggara.

Dalam konferensi pers hari Senin (5/2/2024) kemarin, Sekretaris Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Hong Kong, Kevin Yeung, menjelaskan perjanjian kerja sama pemerintah dengan Tatler Asia, selaku organisator laga uji coba.

Perjanjian itu memuat ketentuan Messi harus bermain setidaknya selama 45 menit, kecuali ada masalah yang menyangkut keselamatan dan kesehatan.

DIkutip dari The Independent, Yeung mengatakan bahwa pihak penyelenggara sebelum laga berlangsung, memastikan Messi akan bermain pada babak kedua.

Saat melihat Messi tak kunjung dimainkan pada babak kedua, Pemerintah Hong Kong pun mencari informasi kepada Tatler Asia.

Baca juga: Fans Hong Kong Bayar Hingga 7,5 Juta Rupiah untuk Lihat Messi Duduk Manis di Bangku Cadangan

Pihak Pemerintah Hong Kong diberi penjelasan bahwa Messi tak bisa ditampilkan karena cedera.

“Oleh karena itu kami meminta mereka menjajaki solusi lain seperti Messi muncul di lapangan untuk berinteraksi dengan fan dan menerima trofi. Namun, sayang sekali, seperti yang kalian lihat, itu tidak terjadi,” tutur Kevin Yeung.

Penyelenggara laga uji coba Inter Miami melawan Hong Kong XI disebut menerima dana bantuan dari pemerintah setempat sebesar 16 juta dolar Hong Kong (sekitar 32,2 miliar rupiah).

Tatler Asia sebagai penyelenggara mengaku sebelumnya tak menerima informasi apa pun soal absensi Messi dan Suarez.

Tanpa Messi dan Suarez, Inter Miami menang 4-1 atas Hong Kong XI berkat gol Robert Taylor, Lawson Connery Sunderland, Leonardo Campana, dan Ryan Sailor.

“Kami paham banyak penggemar sangat kecewa dan kami meminta maaf. Kami berharap bisa memasukkan Leo dan Luis setidaknya untuk beberapa saat, namun risikonya terlalu besar,” ujar pelatih Inter Miami, Geraro Martino.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com