Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Hodak, Persib Dianggap Punya Tekanan Lebih Saat Main di Kandang

Kompas.com - 05/02/2024, 23:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Suporter Persib yang biasa disebut Bobotoh menunjukkan kekecewaan atas hasil kurang memuaskan yang dialami Maung Bandung dalam empat laga terakhir di kandang tanpa kemenangan. 

Hal itu mulai dari hasil imbang melawan Arema FC (2-2), PSM Makassar (0-0), kekalahan dari Persik Kediri (0-2), dan imbang kembali lawan Persis Solo (2-2). 

Kemenangan terakhir di kandang didapat Persib pada 28 Oktober 2023 saat mengalahkan PSS Sleman dengan skor 4-1. 

Pelatih Persib Bojan Hodak memaklumi kekecewaan Bobotoh. Namun, naik turun performa tim menurutnya menjadi sebuah dinamika sebuah tim dalam berkompetisi.

Baca juga: Hasil Arema FC Vs PSIS Semarang 1-4: Tanpa Fortes Tak Masalah, Mahesa Jenar Gusur Persib

"Sejak hari pertama kami tiba, kami berada di urutan 16 dan kami bisa naik hingga posisi kedua. Kemudian, kami turun ke urutan ketiga dan ini merupakan bagian dari permainan," imbuh Hodak. 

Statistik Persib menunjukkan, jumlah kemenangan musim ini justru lebih banyak didapat saat Maung Bandung bermain di partai tandang daripada kandang. 

Persib punya enam kemenangan tandang, berbanding empat kemenangan kandang. Punya 22 poin tandang dan 19 poin partai kandang. 

Statistik tersebut melandasi anggapan, pemain Persib kerap merasakan tekanan lebih saat bermain di kandang sendiri. Bojan Hodak sama sekali tak setuju dengan pemikiran tersebut. 

Baca juga: Persib Bandung Vs Persis Solo, Luapan Rasa Kesal Bojan Hodak

"Disayangkan kami justru punya hasil yang lebih bagus ketika bermain di luar kandang dan ada yang menganggap pemain merasakan tekanan ketika bermain di kandang. Itu tidak benar," sebut pelatih asal Kroasia itu. 

Para pemain Persib merayakan gol pertama yang lahir lewat sundulan Stefano Beltrame dalam pertandingan Persib Bandung vs Persis Solo, dalam pertandingan pekan ke-24 Liga 1 2023-2024, Minggu (4/2/2024) di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Para pemain Persib merayakan gol pertama yang lahir lewat sundulan Stefano Beltrame dalam pertandingan Persib Bandung vs Persis Solo, dalam pertandingan pekan ke-24 Liga 1 2023-2024, Minggu (4/2/2024) di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Ia menegaskan timnya sangat membutuhkan Bobotoh dalam setiap langkah perjuangan. 

Atmosfer yang tercipta dalam laga kandang memberikan energi lebih untuk pemainnya. 

Baca juga: Persib Berhasil Pertahankan Pemain Andalannya

Hodak akan berusaha memastikan bahwa timnya akan mempertahankan posisi empat besar untuk melaju ke Championship Series untuk memenangi gelar. 

"Kami merasakan atmosfer yang bagus saat main di kandang. Tentunya target kami adalah menempati posisi empat besar dan itu ingin kami raih," katanya. 

"Namun, kadang terjadi hal-hal seperti ini (gagal menang) dalam pertandingan dan itu normal dalam sepak bola. Saya harap di laga berikutnya bisa lebih baik dan bisa meraih tiga poin," kata Hodak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com