Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Paul Munster Beri Perubahan di Persebaya Surabaya

Kompas.com - 21/01/2024, 11:27 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada kiat khusus yang dilakukan pelatih baru Persebaya Surabaya, Paul Munster, dalam memberikan perubahan tim.

Seperti diketahui, kehadiran Paul Munster diharapkan memberi perubahan setelah Persebaya terseok-seok Liga 1 2023-2024 ini.

Tidak ingin menerapkan perubahan di tim dengan cara yang keras, ia justru memilih melakukan pendekatan dengan gembira. 

Hal itu agar dia bisa lebih mudah diterima dengan baik oleh pemain.

Baca juga: Paul Munster Keras Menempa Persebaya, Hadiah Pesta Barbeku

Ia pun memosisikan diri sebagai rekan setim bagi para pemainnya untuk bisa menjalin komunikasi dengan baik.

Paul Munster tidak melakukan perubahan yang cukup radikal di tim berjuluk Bajul Ijo itu. Ia lebih memilih melakukan perubahan secara bertahap agar lebih mudah diterima Bruno Moreira dkk.

"Jadi, selangkah demi selangkah, mereka bakal memahami karena pemain baru berkomunikasi dengan cara baru, taktik baru, tetapi yang terpenting yang membuat saya gembira," ujar pelatih asal Irlandia Utara itu.

"Pesan saya jelas bisa diterima dan taktik saya juga, tidak terlalu sulit atau rumit," katanya.

Baca juga: Tim Persebaya Temukan Chemistry Bersama Paul Munster

Perubahan yang diberlakukannya di Persebaya sejauh ini, menurut dia, berjalan cukup baik.

Melihat perubahan tersebut, ia optimistis para pemain Persebaya perlahan akan mencapai standar yang diinginkannya jelang kembali bertarung di lanjutan Liga 1 2023-2024.

"Pemain makin memahami dan kerja keras yang terpenting adalah mereka tetap tersenyum, makin percaya diri," ucap Paul Munster.

"Setiap hari standar harus lebih baik, tidak terus-terusan stagnan. Selangkah demi selangkah, terus bergerak maju, baik sebagai individu maupun tim," katanya.

Ia mengatakan Persebaya baru saja menggelar laga uji coba melawan tim Liga 1 Persik Kediri yang berakhir dengan skor 2-0 yang berlangsung di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Sabtu (20/1/2024) sore.

Uji coba tersebut sebagai bagian dari upaya mematangkan persiapan tim yang penting disisipkan di tengah aktivitas latihan.

Tujuannya ialah untuk mengembalikan kondisi pemain ke dalam keadaan siap menghadapi laga kompetitif.

Uji coba Persebaya Surabaya vs Persik Kediri saat jeda kompetisi Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/1/2024) sore.Dokumentasi Persebaya Surabaya Uji coba Persebaya Surabaya vs Persik Kediri saat jeda kompetisi Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/1/2024) sore.

"Ini hal penting untuk latih tanding juga karena kami tidak hanya berlatih dan setiap pemain juga berlatih untuk bisa main," ucap Paul Munster.

"Jadi, inilah sebabnya kami menyisipkan menu latih tanding dalam sesi latihan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com