Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapi Cedera Bahu, Alasan Jordi Amat Sempat Absen dari TC Turkiye

Kompas.com - 28/12/2023, 15:18 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bergabungnya Jordi Amat ke kamp pelatihan Timnas Indonesia di Turki tertunda. Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), telah memberikan keterangan terkait hal ini.

Menurutnya, bek yang baru berperan besar dalam membawa Johor Darul Takzim juara di Liga Malaysia tanpa terkalahkan tersebut tengah merawat cedera.

"Fktanya, Jordi itu mengalami cedera bahu. (Selama) 3-4 game terakhir dia itu bermain dengan obat penghilang rasa sakit. Bos JDT menyarankan dia ke Spanyol dulu untuk terapi baru diizinkan ke TC di Turki," ujar Hamdan, seperti dikutip dari BolaSport.com.

"Alternatif lainnya ya bisa saja dioperasi, tapi itu artinya dia harus beristirahat 6 bulan. Sehingga ya dia bisa tidak ikut Piala Asia dan game penting lainnya."

Baca juga: Radja Nainggolan Sorot Perjuangan Sandy Walsh dan Jordi Amat Bela Timnas Indonesia

Saat berita ini ditulis, enam pemain termasuk Jordi Amat masih belum bergabung dengan skuad Timnas Indonesia. 

Kehadiran Saddil Ramdani, rekan satu tim Amat di Liga Malaysia, di kamp latihan di Antalya, Turki, membuat publik curiga atas ketidakhadiran Jordi Amat.

Beberapa media nasional sempat melaporkan bahwa Amat sedang berlibur di Spanyol.

Hamdan Hamedan menyangkal rumor tersebut, menyebut bahwa Amat adalah pemain yang paling antusias untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

"Jordi Amat yang saya kenal itu adalah pemain yang ngebet ke TC walaupun belum resmi jadi pemain timnas, itu yang saya alami sendiri Mei/Juni tahun lalu," tuturnya.

"Begitu saya dengar ada yang mengatakan bahwa 'kabarnya' Jordi minta dispensasi liburan ke Spanyol, kok rasanya ada yang janggal."

Hamdan mengungkapkan bahwa Amat pulang ke Spanyol untuk menyembuhkan cedera bahunya setelah mengalami ketidaknyamanan dalam beberapa pertandingan terakhir bersama Johor Darul Takzim.

Baca juga: Juara Piala Dunia 2010 Cerita soal Luis Milla, Ilmu Spanyol lewat Jordi Amat

Hamedan menjelaskan bahwa Amat sudah tiba di Istanbul, Turki, dan akan segera bergabung dengan pemusatan latihan di Antalya, Turki bersama Timnas Indonesia.

"Sekarang dia sudah di Istanbul. Sebentar lagi berangkat ke Antalya untuk bergabung bersama kawan-kawan sebangsa dan setimnasionalnya," pungkasnya.

Jordi Amat telah bermain dalam 10 pertandingan bersama Timnas Indonesia dan akan menghadapi lawan-lawan kuat seperti Vietnam, Irak, dan Jepang dalam Piala Asia 2023.

Hal ini merupakan turnamen kedua bagi Amat bersama Timnas Indonesia setelah Piala AFF 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com