Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Aspek yang Harus Dibenahi Timnas Indonesia Selama TC di Turkiye

Kompas.com - 26/12/2023, 19:29 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, menyoroti dua aspek yang perlu diperbaiki timnas Indonesia yang sedang melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Turkiye dalam rangka persiapan menghadapi Piala Asia 2023.

Zainudin Amali, yang ditugaskan untuk memantau latihan tersebut, menyatakan intensitas latihan timnas Indonesia sangat tinggi. 

"Saya mengikuti sejak awal karena ikut bersama di sini. Pertama, mereka joging, latihan fisik, sekarang sudah taktik dan teknikal. Saya lihat latihan penjaga gawang berat," kata Amali dikutip dari Bolasport.

Dia juga menyoroti fokus latihan pada aspek fisik, teknis, dan taktis timnas, serta menekankan masalah fisik dan mental menjadi kendala utama yang harus dibenahi timnas Indonesia sebelum turnamen dimulai. 

Baca juga: Target Realistis Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 Qatar

"Namun, saya rasa kami memang harus melakukan latihan berat. Para pemain harus kerja keras sehingga hasil maksimal. Kendala kami kan fisik dan mental," ucap Amali.

Amali juga memaparkan pelatih Shin Tae-yong sedang berkonsentrasi pada latihan fisik dan mental pemain.

"Di sini, Shin Tae-yong melatih kekuatan fisik dan mental mereka. Saya kira, menu latihan yang diberikan kepada anak-anak menurut saya cukup," ujar Zainudin Amali.

Amali juga mengungkapkan jadwal uji coba timnas Indonesia melawan Libya selama berada di Turkiye, dengan pertandingan pertama pada Selasa (2/1/2024), diikuti pertandingan kedua pada Jumat (5/1/2024).

Setelah latihan di Turkiye, timnas Indonesia memiliki rencana untuk melawan Iran di Qatar pada Selasa (9/1/2024). Agenda uji coba ini diharapkan dapat menjadi persiapan yang optimal bagi timnas Indonesia menghadapi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia berada dalam Grup D Piala Asia 2023, bersaing dengan Irak, Vietnam, dan Jepang.

Baca juga: Egy Maulana Menikah, Ucapan Selamat Datang dari Asisten Shin Tae-yong

Anak asuh Shin Tae-yong akan menghadapi Irak pada Senin (15/1/2024), bertemu Vietnam pada Jumat (19/1/2024), dan menutup pertandingan grup melawan Jepang pada Rabu (24/1/2024) dalam Piala Asia 2023.

Amali menegaskan PSSI sangat menghargai target yang direncanakan Shin Tae-yong dan menyarankan agar tetap realistis.

"Sesuai dengan target Shin Tae-yong, tujuan kami adalah lolos ke babak 16 besar. Kami harus realistis dalam menentukan target tersebut," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com