Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Uzbekistan, Mental Garuda Menentukan

Kompas.com - 29/04/2024, 13:00 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Timnas U23 Indonesia akan memperjuangkan langkah mereka di babak semifinal Piala Asia U23 2024 Qatar melawan Uzbekistan. 

Jika mampu mengatasi perlawanan Uzbekistan dan melaju ke final, Indonesia bisa dipastikan mendapatkan tiket otomatis tampil di Olimpiade Paris 2024 ini. 

Jadwal Indonesia vs Uzbekistan akan berlangsung Senin (29/4/2024) di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, kick off pukul 21.00 WIB. 

Di atas kertas Uzbekistan lebih diunggulkan karena statistik Seriga Putih selama berlangsungnya turnamen. 

Baca juga: Kata Erick Thohir Usai Pengusaha Siapkan Bonus Rp 23 Miliar untuk Timnas U23 Indonesia

Pasukan Timur Kapadze menyapu bersih tiga laga Grup D dengan kemenangan, mengalahkan Malaysia (2-0), Kuwait (5-0), dan Vietnam (3-0).

Tim asuhan Timur Kapadze ini juga menyingkirkan tim Arab Saudi di perempat final dengan skor meyakinkan 2-0. 

Total Uzbekistan mencetak 12 gol dan belum kebobolan sama sekali.

Bandingkan dengan statistik Indonesia yang mencetak tujuh gol dan lima kali kebobolan. Kelolosan Indonesia juga ditentukan oleh adu tendangan penalti melawan Korea Selatan di perempat final.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Siap Runtuhkan Tembok Uzbekistan, STY Punya Rencana Rahasia

Menurut gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, kekuatan Timnas U23 Indonesia tidak boleh diremeshkan meskipun Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dalam statistik.  

Garuda Muda mental bertanding yang berbeda, keberanian Rizky Ridho dkk patut mendapat apresiasi, berdampak kepada rasa percaya diri mereka.

“Ada perubahan dari segi fisik, mental, ketenangan bermain, kalau dulu sebelum bertanding lawan tim besar tahu sendiri (tidak diperhitungkan), tapi sekarang lihat dari mental-mental pemain sekarang ada keberanian,” nilai Dedi mengamati. 

Baca juga: Reaksi Persib soal Jadwal Championship Series Liga 1 Menyesuaikan Timnas U23

Pemain yang tampil di Timnas U23 Asian Games 2014 Incheon ini optimis Garuda Muda bisa menampilkan permainan disiplin dan memenangkan pertandingan. 

Baik itu kemenangan adu penalti seperti menyingkirkan Korea Selatan atau bukan, terpenting menang untuk melangkah ke tahap selanjutnya. 

“Prediksi saya optimis dengan permainan sejauh ini yang ditampilkan, dengan progres permainan Timnas U23 kita harus optimis bisa memenangkan pertandingan,” tutur Dado sapaannya.  

“Terpenting adalah adalah menang, bisa menang adu penalti yang penting menang,” begitu prediksi nya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com