Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiljan Pluim, Habis Manis Sepah Dibuang, Rajut Back to Back Juara dengan Borneo FC

Kompas.com - 25/12/2023, 22:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kompetisi Liga 1 2023-2024 akan menjadi musim yang tak terlupakan bagi Wiljan Pluim.

Ia menghabiskan hampir tujuh tahun mengabdi bersama PSM Makassar dengan sumbangsih dua gelar juara, yakni Juara Piala Indonesia 2018-2019 dan juara Liga 1 2022-2023.

Namun, hal itu tak membuatnya akan terus bertahan bersama tim yang begitu dicintai karena telah menyelamatkan karier sepak bolanya ketika mengalami masa sulit saat berkiprah di Vietnam.

Kebersamaan Wiljan Pluim bersama PSM harus berakhir getir, setelah namanya didepak manajemen PSM menjelang dibukanya bursa transfer putaran kedua musim ini.

Namun, tak butuh waktu lama bagi pemain yang telah mencetak 47 gol dan 51 assist selama 178 kali membela PSM di semua kompetisi itu menemukan pelabuhan baru.

Baca juga: Alasan Borneo FC Tinggalkan Stadion Segiri, Musafir ke Balikpapan

Borneo FC yang musim ini dalam performa terbaik dan berpeluang merebut gelar juara musim ini menyelamatkan karier pemain asal Belanda yang nyaris kembali terkatung-katung.

Meski telah menemukan pelabuhan baru, hal itu tak serta-merta baginya merebut satu tempat penting di starting eleven tim.

Faktor cedera dan juga adaptasi membuat pemain asal Belanda itu harus benar-benar bisa meyakinkan pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, bahwa keputusan Borneo FC tak salah merekrutnya.

Kesempatan pembuktian itu datang saat Wiljan Pluim dipercaya main di laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 Borneo FC vs PSIS Semarang.

Baca juga: Bali United Vs Persib: Maung Bandung Tak Peduli Laju Kencang Borneo FC

Ia menjawab kepercayaan pelatih dengan mencetak satu gol dari kemenangan 2-0 yang diraih tim.

Pieter Huistra pun memberi pujian atas kerja keras pemain bernomor punggung 80 yang ingin membayar kepercayaan Borneo FC.

Ia mengapresiasi kerja keras Wiljan Pluim yang ingin segera menyesuaikan diri dengan tim dan memberi kontribusi positif bagi tim berjuluk Pesut Etam itu.

"Bisa kita lihat dia (Pluim) telah keluar setelah lima bulan dan dia harus kembali dengan ritme," ujar pelatih asal Belanda itu.

"Dia bermain lebih baik, dia bermain dengan influence tinggi dan bermain selama 95 menit dan mencetak gol," tuturnya.

"Itu gol yang bagus, crossing bagus dari Fajar (Fathurrahman) dan bagus melihatnya," katanya.

Pemain Borneo FC Samarinda, Wiljan Pluim, dijaga pemain PSIS Semarang pada laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Selatan, Sabtu (9/10/2023) malam. Terkini, Borneo FC menang 1-0 atas RANS Nusantara yang membuat mereka makin perkasa di puncak klasemen.Dokumentasi Borneo FC Pemain Borneo FC Samarinda, Wiljan Pluim, dijaga pemain PSIS Semarang pada laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Selatan, Sabtu (9/10/2023) malam. Terkini, Borneo FC menang 1-0 atas RANS Nusantara yang membuat mereka makin perkasa di puncak klasemen.

Ia juga merasa senang dengan progres yang ditunjukkan Wiljan Pluim. Ia berharap penampilan pemain barunya itu bisa terus berkembang bersama Borneo FC.

Baca juga: Klasemen Liga 1: Borneo FC Perkasa di Puncak, Persija Jaga Kans ke Championship Series

"Saya sangat menyukainya, kami masih harus berkembang dan hal itu yang harus diraih," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com