Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puyol Bicara Timnas Indonesia, Materazzi Singgung Radja Nainggolan

Kompas.com - 18/12/2023, 17:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Legenda sepak bola dunia, Carles Puyol dan Marco Materazzi, menilai sepak bola Indonesia mengalami peningkatan. 

Hal tersebut disampaikan Puyol dan Materazzi dalam acara media day menjelang Euro 2024 di iNews Tower, Jakarta, Senin (18/12/2023) siang WIB. 

"Untuk timnas Indonesia menurut saya sedikit demi sedikit sudah mulai baik, saya percaya akan terus berkembang," ucap Puyol yang merupakan legenda timnas Spanyol dan Barcelona. 

Sementara itu, Materazzi secara khusus menyoroti para pemain timnas Indonesia yang dinilai bakal menjadi masa depan sepak bola Tanah Air.

Baca juga: Materazzi dan Puyol Bahas Euro 2024, Prediksi untuk Italia dan Spanyol

"Saya melihat ada suatu movement yang sangat mendorong sepak bola Indonesia," kata legenda timnas Italia dan Inter Milan tersebut. 

"Banyak sekali pemain muda yang bersemangat memberikan kontribusi. Itu menjadi suatu kebanggaan untuk Indonesia," kata Materazzi. 

Mantan pemain yang turut membawa Italia juara Piala Dunia 2006 itu juga menyinggung kepindahan Radja Nainggolan ke Bhayangkara Presisi Indonesia. 

Radja Nainggolan punya pengalaman bermain di Liga Italia bersama AS Roma dan Inter Milan.

Baca juga: Materazzi Bicara Euro 2024 di Jakarta: Ujian Berat Italia, Perancis seperti Tiga Tim

Menurut Materazzi, keputusan Radja pindah ke Indonesia menjadi salah satu bukti bahwa ada potensi di sepak bola Tanah Air. 

"Ada pemain dunia yang sangat terkenal seperti Radja Nainggolan yang pernah main di Italia, saya tahu kemampuannya," kata Materazzi. 

"Dia juga sangat mengenal sepak bola Eropa. Ketika dia memutuskan pindah ke Indonesia, berarti dia tahu ada suatu potensi yang sangat kuat dan bisa dikembangkan lagi," ucapnya. 

"Terutama untuk para pemain muda. Jadi, mudah-mudahan ke depan jauh lebih berkembang lagi sepak bola Indonesia," tutur Materazzi. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com