Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Persik: Asa kepada Ryan Kurnia, Pahlawan pada Jumpa Pertama

Kompas.com - 09/12/2023, 22:00 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Duel Persik Kediri vs Persib Bandung pada putaran pertama Liga 1 2023-2024, menjadi momen Ryan Kurnia unjuk gigi. Ia tampil sebagai pahlawan kemenangan Persib.

Kala itu, gol Ryan Kurnia pada menit ke-87 membungkam seisi Stadion Brawijaya, Kediri. Persib unggul 2-1 dan berhasil mempertahankan skor hingga peluit akhir wasit dibunyikan. 

Tangis haru tumpah seketika. Bagaimana tidak? Persib akhirnya menyudahi paceklik kemenangan. Sebelumnya, Maung Bandung melalui empat laga pembuka kompetisi Liga 1 2023-2024 tanpa raihan tripoin. 

Torehan ke gawang Persik itu adalah satu-satunya gol yang diciptakan Ryan Kurnia sejauh ini. Setelah itu, namanya seakan tenggelam dari skuad Persib karena minim kesempatan bermain. 

Baca juga: Persib Putus Puasa Kemenangan, Persembahan Istimewa Ryan Kurnia

Bojan Hodak, pelatih Persib saat ini, mengaku bersikap adil kepada para pemain  yang bisa menunjukkan diri di dalam latihan. 

Jika seorang pemain dibutuhkan untuk posisi tertentu, Hodak tanpa ragu akan menunjuk orang yang paling siap untuk berkontribusi di lapangan. 

“Ada beberapa pemain yang terlihat bagus di latihan, seperti Arsan (Makarin) banyak mendapat menit kesempatan akhir-akhir ini, lalu Febri (Hariyadi) terlihat bagus di latihan dan dia juga mendapat kesempatan,” tutur Hodak. 

“Jadi siapa pun yang bagus di latihan akan mendapat kesempatan bertanding. Pertandingan adalah ajang untuk membuktikan bahwa pemain itu bagus atau tidak,” katanya menambahkan. 

Baca juga: Debutan Ryan Kurnia Bicara Tantangan Skema Luis Milla di Persib

Penampilan Ryan Kurnia winger Persib dalam pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 antara Persija vs Persib di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu (2/9/2023). KOMPAS.com/Adil Nursalam Penampilan Ryan Kurnia winger Persib dalam pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 antara Persija vs Persib di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu (2/9/2023).

Ryan Kurnia disebut hanya butuh konsisten meningkatkan terus performanya dan memastikan  diri selalu siap setiap saat.

Bukan tidak mungkin pemain asal Bogor itu akan mendapatkan kesempatannya pada laga pekan ke-22 Liga 1 2023-2024 antara Persib vs Persik, Minggu (10/12/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

“Dia (Ryan Kurnia) bisa saja mendapat kesempatan, dia hanya perlu untuk selalu siap,” tutur Hodak. 

“Ada hal yang saya suka di pertandingan, ada hal yang saya tidak suka. Semua saya sampaikan dan itu harus jadi catatan untuk diperbaiki. Jika dia bisa membenahi itu, dia punya kesempatan untuk bermain,” ucap sang pelatih asal Kroasia ini. 

Baca juga: Head to Head Persib Vs Persik: Maung Dominan, Irfan Bachdim Jadi Perhatian

Ryan Kurnia adalah salah satu pemain pendatang baru musim ini. Pemain yang mentas di pos penyerang sayap itu direkrut Persib dari Persikabo 1973, pada era kepelatihan Luis Milla. 

Kemampuan Ryan Kurnia berlari dengan bola dan memberikan assist kepada para penyerang membuat Persib kepincut mendatangkannya. 

Musim lalu, bersama Persikabo, ia memainkan 30 pertandingan dengan total 1.583 menit bermain. Ryan Kurnia menyumbang empat gol dan lima assist bagi Laskar Padjadjaran pada musim 2022-2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com