Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Bandung Vs Persik, Memori Haru Kemenangan Pertama Maung Musim Ini

Kompas.com - 09/12/2023, 13:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang duel Persib Bandung vs Persik Kediri, Minggu (10/12/2023) di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada pekan ke-22 Liga 1 2023-2024, Maung punya memori haru di putaran pertama. 

Persib yang menjalani start buruk di awal musim karena gagal menang di empat laga pembuka, akhirnya bisa meraih kemenangan pertama di pekan ke-5 melawan Persik. 

Tangis bahagia pecah, Persib akhirnya bisa bangkit di tangan caretaker Yaya Sunarya pada 28 Juli 2023 di Stadion Brawijaya Kediri. Persib sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Flavio Silva menit ke-4. 

Situasi semakin menegangkan karena memasuki menit 80 lini serang Persib masih deadlock melawan 10 pemain Persik setelah Renan Silva mendapat kartu merah menit 34. 

Gol penyama kedudukan akhirnya datang, Ciro Alves mampu samakan skor menit 83. Pemain pengganti Ryan Kurnia jadi pahlawan kemenangan Persib malam itu. 

Baca juga: Head to Head Persib Vs Persik: Maung Dominan, Irfan Bachdim Jadi Perhatian

Gol sundulan pemain asal Bogor itu, memanfaatkan umpan Edo Febriansah tak mampu digapai Dikri Yusron, Persib bawa pulang kemenangan pertama musim ini dari Kediri. 

Jelang duel kedua tim akhir pekan nanti, baik Persib maupun Persik jelas punya kekuatan berbeda. Persib sedang dalam tren positif tak terkalahkan dalam 14 pertandingan di tangan Bojan Hodak. 

Begitu juga Persik dalam tren menanjak di tangan pelatih Marcelo Rospide yang ingin meramaikan persaingan di empat besar. 

Hodak mengaku telah menganalisis pertandingan terakhir Persik ketika ditahan imbang Dewa United. Jauh sebelumnya, ia juga mengamati peran pemain baru dalam kemenangan Persik atas Arema FC. 

Ze Valente, Irfan Bachdim, memberi tambahan kekuatan dalam kreativitas penyerangan Macan Putih. 

Baca juga: Irfan Bachdim Catat Debut Manis di Persik, Menang Derbi di Bali

“Saya sudah melihat pertandingan terakhirnya dan mereka (pemain baru) sudah bermain. Ada pemain yang berpengalaman dari mereka dan kami harus berhati-hati, bertahan dengan ketat,” kata Hodak. 

Hodak akan ambil keuntungan, dimana timnya bermain di hadapan suporter sendiri Bobotoh. 

Pelatih asal Kroasia itu dipastikan akan menurunkan dua bomber asing produktif David da Silva dan Ciro Alves. 

“Tapi mereka juga tentu harus memperhatikan kami, kami memiliki Ciro, kami memiliki David jadi mereka harus mengantisipasi mereka, mereka juga jangan lupa untuk bertahan,” begitu peringatan Hodak. 

Baca juga: Eks Juventus Ini Awalnya Tidak Tahu Persib, Kini Menantikan Pertarungan Lawan Nainggolan

Di sisi berseberangan, pelatih Persik Marcelo Rospide masih ingat timnya dikalahkan Persib di Brawijaya. Kekalahan yang menyakitkan lantaran Persik sebenarnya memulai laga dengan bagus sebelum situasi berubah karena adanya kartu merah. 

Usaha mempertahankan kemenangan gagal, Rospide ingin membalas kekalahan di pertemuan pertama. 

“Kami  tahu pertandingan ini akan berjalan sulit, di putaran pertama kami bermain bagus, sayangnya kami kalah,” sesal Rospide. 

“Tapi saya pikir kami punya kondisi fit saat ini untuk bisa bermain bagus. Terpenting kami menghormati Persib sebagai tim yang kuat, mungkin mereka akan jadi tim yang difavoritkan (menang), tapi ini sepak bola, kami akan berusaha bermain bagus,“ papar pelatih asal Brasil ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com