Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garnacho Belajar dari Kesalahan, Erik ten Hag Bicara Perubahan Sikap

Kompas.com - 09/12/2023, 11:27 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Erik ten Hag menyatakan bahwa Alejandro Garnacho telah memberikan dampak positif bagi Manchester United setelah berhasil mengatasi beberapa kendala terkait sikapnya di awal karier bersama kubu Old Trafford.

Pemain berusia 19 tahun ini menjadi bagian tak terpisahkan tim Manchester United dalam waktu kurang dari setahun setelah mendapat kritik dari manajernya dan kapten Bruno Fernandes terkait perilaku kurang baik, dengan laporan bahwa ia terlambat dua kali saat latihan pra-musim musim panas lalu.

Performa Garnacho telah mencuri perhatian dalam beberapa pekan terakhir meskipun hasil tim yang tidak stabi.

Ia menjadi starter dalam delapan pertandingan beruntun di semua kompetisi hanya dalam 15 bulan sejak debut seniornya.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Persebaya Vs Persija Pukul 15.00 WIB

Pencapaian tiga golnya musim ini, termasuk gol indah dengan tendangan salto di Everton dalam kompetisi Premier League, hanya selisih dua gol dari total yang dia raih sepanjang musim 2022-23.

Ia juga memberikan assist penting untuk gol kemenangan Scott McTominay melawan Chelsea pada Rabu (6/12/2023).

Gelandang Manchester United asal Skotlandia, Scott McTominay (kiri), melakukan selebrasi bersama Alejandro Garnacho usai mencetak gol kemenangan ke gawang Brentford pada laga pekan kedelaoan Liga Inggris 2023-2024 yang digelar di Stadion Old Trafford, Sabtu (7/10/2023) malam WIB. Artikel ini berisi prediksi Copenhagen vs Man United di Liga Champions.AFP/DARREN STAPLES Gelandang Manchester United asal Skotlandia, Scott McTominay (kiri), melakukan selebrasi bersama Alejandro Garnacho usai mencetak gol kemenangan ke gawang Brentford pada laga pekan kedelaoan Liga Inggris 2023-2024 yang digelar di Stadion Old Trafford, Sabtu (7/10/2023) malam WIB. Artikel ini berisi prediksi Copenhagen vs Man United di Liga Champions.

Erik ten Hag, bos United, mengemukakan bahwa meskipun ada beberapa masalah terkait sikapnya, pemain muda harus belajar mengenai sikap yang diperlukan sebagai pemain sepak bola profesional.

"Ada beberapa masalah (dengan sikapnya), namun pemain muda harus belajar apa yang diperlukan untuk gaya hidup seorang pemain sepak bola profesional," kata Ten Hag dilansir dari Sky Sport.

Baca juga: Singgung McTominay dan Maguire, Ten Hag Minta Rashford Buktikan Diri

Sebelum pertandingan kandang Liga Inggris melawan Bournemouth pada Sabtu (9/12/2023), ia menyatakan bahwa tim ingin memberikan kesempatan dan waktu kepada Garnacho.

"Penilaian kami di awal musim adalah kami ingin mengikutsertakannya dan memberinya waktu untuk memberikan kontribusi seperti yang sedang dilakukannya saat ini," ucap pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Erik ten Hag menambahkan, ia senang dengan penampilan dan kontribusi Garnacho meskipun masih banyak aspek yang bisa diperbaiki.

"Potensinya besar dan ada banyak hal yang bisa ia bangun, tapi kami senang dengan performanya dan kontribusinya," tuturnya.

"Dasar, fondasi selalu bagian bertahan, tapi sekarang juga dalam hal menyerang, ia memiliki aksi kunci - assist, ancaman gol, ia mencetak gol, jadi tentu saja sangat penting bagi seorang pemain serang."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com