Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erik ten Hag Terlalu "Robot", Ruang Ganti Man United Memberontak

Kompas.com - 05/12/2023, 06:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Media Inggris, Sky Sports, menulis Erik ten Hag kehilangan kendali di ruang ganti Man United. Separuh ruang ganti MU tak lagi mendukung Ten Hag yang disebut bergaya "robot".

Erik ten Hag tengah melalui masa-masa berat bersama Man United. Hasil Newcastle vs Man United di Saint James' Park, Minggu (3/12/2023) dini hari WIB, bak menggarami luka Ten Hag. 

Man United tumbang 0-1 di kandang Newcastle pada pekan ke-14 Liga Inggris 2023-2024. Itu adalah kekalahan kesepuluh yang diderita Man United besutan Ten Hag pada musim ini di semua ajang.

"Mudah mengatakan bahwa dia kehilangan ruang ganti dan pemain tak lagi bermain untuknya," tulis jurnalis Sky Sports, Kaveh Solhekol. 

Lawatan ke markas Newcastle bukan cuma terasa pahit untuk MU karena hasil kekalahan. Duel itu juga menyaksikan cekcok Ten Hag dengan sang penyerang, Anthony Martial.

Baca juga: Man United Keok, Ten Hag dan Martial Cekcok

Pada pengujung babak pertama, Ten Hag berteriak dan memberikan instruksi dari pinggir lapangan kepada Martial.

Sang pelatih asal Belanda tampak kurang puas terhadap Martial yang memberikan terlalu banyak ruang buat bek Newcastle, Fabian Schaer, untuk membangun permainan.

Seruan Ten Hag direspons dengan gestur ofensif dari Martial. Ia tampak mendebat perintah sang pelatih.

"Informasi saya adalah beberapa pemain bingung dengan apa yang terjadi. Dia (Ten Hag) telah kehilangan elemen di ruang ganti. Sebuah sumber mengatakan bahwa dia kehilangan sekitar 50 persen ruang ganti," ujar Kaveh Solhekol, dalam kolomnya di Sky Sports.

Berkurangnya respek untuk Ten Hag disebut juga tak lepas dari cara sang pelatih berkepala plontos itu dalam menangani masalah Jadon Sancho.

Seperti diketahui, Sancho kini dibekukan dari tim utama Man United karena dianggap Ten Hag tidak memenuhi standar yang ditetapkan dalam latihan.

Baca juga: Hasil Newcastle Vs Man United 1-0: Gol Bersejarah, Setan Merah Kalah

Bahkan, sejumlah media Inggris melaporkan Sancho dilarang memakai fasilitas tim utama MU dan mesti menyantap makanannya bersama pemain akademi.

Sky Sport melaporkan sejumlah pemain senior Setan Merah telah berbicara kepada Ten Hag. Mereka meminta eks pelatih Go Ahead Eagles itu untuk lebih sensitif.

"Mereka merasa man-management Ten Hag bisa lebih baik. Namun, Erik ten Hag adalah bosnya dan dia adalah orang yang membuat keputusan. Dia tidak mau berubah. Dia akan bertindak dengan caranya," tulis Sky Sports.

"Saya juga diberi tahu bahwa beberapa pemain percaya bahwa dia terlalu kaku dan seperti robot," tulis Kaveh Solhekol.

Man United asuhan Ten Hag saat ini kian tercecer dari persaingan juara Liga Inggris dan berada dalam posisi tak ideal di ajang Liga Champions.

Pasukan arahan Ten Hag kini menduduki peringkat tujuh Premier League 2023-2024 dan terpaut sembilan angka dari puncak klasemen yang ditempati Arsenal.

Sementara di pentas Liga Champions, Man United dalam posisi sulit untuk lolos ke 16 besar. Setan Merah kini berstatus juru kunci Grup A dengan bekal empat poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com