Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Kini Kiper Persebaya yang Dilarikan ke RS Saat Derbi Suramadu

Kompas.com - 18/09/2023, 16:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kiper Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani, mengalami cedera cukup parah saat menjalani pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 melawan Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (18/9/2023) sore.

Ia mengalami benturan di bagian kepala saat berusaha mengamankan bola dari serangan pemain Madura United pada menit ke-33.

Mata Andika terkena tendangan sepatu Francisco Rivera yang membuatnya langsung terkapar di lapangan. Tim medis yang datang memberikan pertolongan langsung memberikan instruksi untuk melakukan pergantian.

Kiper produk kompetisi internal Persebaya tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Baca juga: Serba Pertama Kemenangan Madura United atas Persebaya

Tugasnya kemudian digantikan oleh Aditya Arya yang merupakan kiper ketiga Persebaya.

Kini kondisi Andhika Ramadhani sudah stabil. Hal tersebut dikonfirmasi oleh dokter tim Persebaya, dr Ahmad Ridhoi, di situs resmi klub.

"Kondisi Andhika alhamdulilah baik, sempat dilakukan obervasi di rumah sakit setempat karena kelopak mata sebelah kanan sobek akibat cocoran dari pemain Madura sehingga berdarah dan Andhika mengalami nyeri kepala pada waktu itu," kata dokter lulusan Universitas Airlangga itu.

"Cedera yang dialami Andhika adalah larserasi palpebra superior mata sebelah kanan," katanya.

Dia sudah boleh pulang dari rumah sakit. Namun, saat ini kondisinya masih dalam pantauan intens tim dokter.

"Kondisi sudah membaik, ada sobek bagian pelipis terus nyeri pada bagian mata, pusing, mual, dan juga mata seketika langsung tidak bisa melihat. Alhamdulillah malamnya sudah baik-baik saja bisa pulang, tetapi masih pengawasan dari dokter," kata dr Ahmad Ridhoi.

Baca juga: Bonek Ancam Demonstrasi jika Persebaya Gagal Jamu Arema FC di SGBT

Sementara itu, perihal peluang tampil melawan Arema FC Sabtu (23/9/2023) yang akan datang, ia masih belum memastikan. Namun, untuk saat ini yang paling penting Andhika Ramadhani pulih dari cedera supaya bisa kembali merapat ke tim.

"Insya Allah kondisinya bisa membaik dalam beberapa hari ke depan. Saat ini kami pantau kondisinya. Selain luka, dia masih nyeri di kepalanya," katanya.

Pelatih Persebaya Josep Gombau menyayangkan insiden ini. Namun, ia memastikan pemainnya sudah berada di tangan yang tepat.

"Andhika baik, ada masalah di pelipisnya, tetapi tak masalah dia akan kembali bersama kami," ucapnya.

Cedera yang terjadi tersebut harus membuat tim berjuluk Bajul Ijo membayar mahal. Tim kalah 3-0 dan menjadi kekalahan pertama dalam sejarah pertemuan melawan Madura United yang bertajuk Derbi Suramadu.

Meskipun demikian, Josep Gombau tetap memberikan apresiasi kepada penampilan kiper pengganti Aditya Arya. Ia mengatakan laga ini memang sangat berat.

"Kiper muda ini debutnya. Selalu sulit bermain di laga seperti ini, lawannya tim terbaik. Tak ada yang perlu saya katakan. Selamat untuk debutnya, masih ada masa depan yang panjang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com