Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepercayaan Diri Robi Darwis Bawa Indonesia ke Final AFF U23 Sumbangkan Assist

Kompas.com - 25/08/2023, 14:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rencana Shin Tae-yong memasang Bagas Kaffa di bek kanan starting line-up Indonesia vs Thailand dalam laga semifinal AFF U23 harus diubah tepat jelang laga. 

Bagas mengalami cedera engkel saat pemanasan, Robi Darwis pun ditunjuk sebagai pengganti menjalani laga penting Timnas U23  dari menit pertama. 

Robi mampu menjawab kepercayaan bermain di bek kanan yang bukan posisi aslinya, ia menyumbangkan assist lewat long throw-in atau lemparan ke dalam yang jauh. 

Hasil Indonesia vs Thailand berkesudahan 3-1, di Stadion Rayong, Kamis (24/8/2023), kemenangan yang mengantarkan Garuda lolos ke final menantang Vietnam di Piala AFF U23

Baca juga: Hasil Piala AFF U23: Vietnam Libas Malaysia 4-1, ke Final Tunggu Pemenang Indonesia Vs Thailand

Robi menceritakan situasi ketika di tengah pemanasan ia diinstruksikan bergabung dengan pemain-pemain starter. 

“Tentunya kaget juga, karena saat itu Robi pemanasan terpisah dengan pemain inti, dan pemain cadangan memang dipisah pemanasannya. Selang beberapa menit akhir sebelum beresnya pemanasan, Robi dipanggil,” ceritanya. 

“Robi juga kaget kan kenapa Robi dipanggil, terus dilihat Bagas cedera, engkel kena, ada insiden lah ketika pemanasan, enggak mau Robi harus siap, Robi kemudian gabung skuad inti dan pemanasan sama-sama dengan yang lain,” paparnya. 

Baca juga: Live Semifinal Piala AFF U23 Indonesia Vs Thailand: Gol Kelly Sroyer, Garuda Muda Unggul 1-0!

Keunggulan Robi yang bisa melakukan lemparan ke dalam jauh sampai kotak penalti membuahkan gol kedua Indonesia yang dicetak Muhammad Ferarri menit 23. 

Pemain Persib itu bersyukur bisa memberikan kontribusi lewat keahliannya. 

“Tentunya Robi bersyukur, bisa berkontribusi untuk tim dan membawa tim Indonesia ke final dari Thailand, syukur luar biasa,” tuturnya. 

Pemain 20 tahun ini juga menunjukkan mentalitas yang bagus, meski bermain di hadapan suporter tuan rumah, ia mampu mengatasi tekanan tersebut. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Keberhasilan Indonesia ke Final Piala AFF U23 2023

Menurutnya iklim di Liga Indonesia yang sangat fanatik terhadap klub kebanggaannya membuat Robi terbiasa menjalani laga di hadapan suporter lawan. 

“Robi sendiri enggak mikir suporter, memang terbiasa dengan atmosfer di laga tandang karena di Indonesia juga atmosfer lebih besar saat bela klub. Robi cuman mikir gimana caranya main sesuai dengan yang ditugaskan oleh pelatih,” paparnya. 

“Robi cuman menjalankan tugas. Alhamdulillah Robi bisa jalankan tugas dengan baik dan hasil yang baik juga,” begitu rasa syukur Robi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com