Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Borussia Dortmund Digelar di Stadion Siliwangi Bandung

Kompas.com - 23/08/2023, 21:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung dan klub asal Jerman, Borussia Dortmund, akan menjalani pertandingan persahabatan pada Minggu (10/9/2023) di Stadion Siliwangi, Bandung. 

Namun, duel dua klub besar tersebut bukan skuad yang kini tengah bertarung di kompetisi, melainkan para legenda yang pernah membela masing-masing klub. 

Persib All Stars vs BVB Legends, begitu tajuk yang akan dipakai nanti dalam rangkaian tur BVB Legend di Asia Tenggara. 

Persib akan diperkuat oleh pemain-pemain yang pernah mengantarkan juara di Liga Indonesia 1994-1995 dan Indonesia Super League (ISL) tahun 2014-2015. 

Baca juga: Resmi! Borussia Dortmund Tantang Persib dan Persebaya dalam Laga Trofeo

Mereka di antaranya adalah penjaga gawang I Made Wirawan, Robby Darwis, Yudi Guntara, Sutiono Lamso, Gilang Angga, Zaenal Arief,  Airlangga Sucipto, serta mantan pemain Persib lain dari lintas generasi.

Sementara itu, BVB Legends akan diperkuat oleh Marcel Schmelzer, Kevin Groekreutz, Roman Weidenfeller, Patrick Owomoyela, David Odonkor, Jan Koller, Mladen Petric, Mo Zidan, Dede, Joerg Heinrich, Ibrahim Tanko, dan Paul Lambert.

Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengungkapkan kedatangan BVB Legend ke Indonesia juga bertujuan memberikan kontribusi terhadap perkembangan sepak bola nasional dan global. 

Persib turut menyadari akan tanggung jawab untuk menginspirasi generasi muda untuk turut menciptakan dampak positif lewat olahraga. 

Baca juga: Tanda Tanya Kepastian Trofeo Borussia Dortmund, Persib dan Persebaya

"Pertandingan ini tidak hanya memperkuat hubungan antara kedua klub, tetapi juga untuk berkontribusi pada perkembangan sepak bola nasional dan global," kata Teddy. 

"Kami menyadari tanggung jawab yang kami miliki untuk menginspirasi generasi berikutnya dan menciptakan dampak positif melalui olahraga yang kami cintai ini," ujarnya. 

Selain akan melangsungkan pertandingan uji coba BVB Legend juga akan memberikan coaching clinic kepada para pemain-pemain di Akademi Persib. 

Tur BVB Legend ke Bandung Indonesia diharapkan turut membantu mengembangkan dan menambah gairah persepakbolaan Indonesia.

Baca juga: Borussia Dortmund  Batal ke Indonesia Hadapi Persib dan Persebaya

BVB Legends akan terlibat dalam berbagai kegiatan positif dengan mitra dan penggemar dengan tujuan mendorong pengembangan sepakbola, pertukaran budaya, dan keterlibatan komunitas. 

"Kami sangat bersemangat membawa BVB Legends ke Indonesia. Sebagai salah satu pasar utama kami di kawasan Asia Tenggara ini, Indonesia memiliki pecinta sepakbola dengan antusiasme yang kuat terhadap olahraga ini," ucap Chief Marketing Officer of BVB, Carsten Cramer.

Director of Internationalisation & Commercial Partnerships of BVB, Benedikt Scholz menambahkan tur ini merupakan kesempatan untuk terhubung dengan mitra penggemar dari Dortmund. 

"Tur ini adalah kesempatan bagus untuk terhubung dengan mitra dan penggemar kami di belahan dunia ini dan kami menantikan kemitraan yang erat dengan Persib," tambah Scholz. 

Baca juga: Man City Vs Borussia Dortmund: Pep Guardiola yang Santai soal Haaland

Direktur Komersial PT Persib Bandung Bermartabat, Gabriella Witdarmono juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Borussia Dortmund atas visi dan antusiasmenya melakukan tur ke kawasan Asia Tenggara, termasuk memainkan laga persahabatan melawan Persib All-Stars.

"Komitmen kami untuk mempromosikan sepakbola ini tidak hanya di lapangan. Kami juga secara aktif terlibat dalam inisiatif berbasis komunitas untuk memberikan dampak yang positif kepada masyarakat," ujarnya.

"Dengan menyatukan sumber daya, kita dapat mendorong perubahan positif dan berkontribusi terhadap pertumbuhan sepakbola di semua level," kata Gaby, sapaan Gabriella. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com