Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Ryan Sessegnon, Pengisi Posisi Son Heung-min

Kompas.com - 26/12/2019, 19:05 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pertanyaan besar sebelum laga Liga Inggris antara Tottenham Hotspur dan Brighton pada partai Boxing Day, 26 Agustus 2019, adalah siapa yang akan menjadi pengganti Son Heung-min di line up Spurs.

Son Heung-min harus absen pada tiga laga :Liga Inggris, kontra Brighton, Norwich, dan Southampton setelah mendapat kartu merah pada partai kontra Chelsea akhir pekan lalu.

Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, akhirnya menjawab pertanyaan tersebut dengan suatu pemilihan yang tergolong mengejutkan.

Baca juga: Link Live Streaming Tottenham Vs Brighton, Kickoff 19.30 WIB

Jose Mourinho menurunkan pemain muda Ryan Sessegnon.

Sessegnon adalah sosok yang relatif terlupakan di skuad Tottenham Hotspur musim ini setelah transfernya senilai 25 juta pounds dari Fulham pada awal musim Liga Inggris 2019-2020.

Sejauh ini, ia hanya pernah tampil empat kali dengan hanya melakoni satu start musim ini, yakni kala Spurs kalah 1-3 kontra FC Bayern Muenchen kendati ia mencetak satu-satunya gol Tottenham pada laga tersebut.

Sessegnon memang menderita cedera hamstring parah setelah kepindahannya dari Fulham.

Pemain yang bisa tampil sebagai bek dan penyerang sayap itu mendapat kepercayaan tinggi dari sang pelatih untuk tampil di laga ini mengingat Mourinho masih memiliki Giovani Lo Celso atau Moussa Sissoko yang juga bisa turun di posisi sama. 

Baca juga: Link Live Streaming Tottenham Vs Brighton, Kickoff 19.30 WIB

"Saya senang melihat Sessegnon tampil. Mungkin ia lebih cocok bermain sebagai bek kiri ketimbang penyerang sayap tetapi mungkin masuknya Sessegnon bakal membuat tim ini lebih ofensif ketimbang saat melawan Chelsea," tutur mantan pelatih Spurs, Tim Sherwood, di MOLA TV.

"Saya suka Ryan, dia bermain bagus. Saya senang ia mendapat kesempatan ini," timpal Darren Bent.

Ryan Sessegnon terkenal sebagai pemain yang dapat menyusuri sektor kiri dengan sangat baik.

Pemain kelahiran London 19 tahun silam ini tak hanya kuat bertahan tetapi juga fasih menyerang.

Penampilan Sessegnon meledak bersama Fulham di Divisi Championship pada 2017-2018 ketika ia mencatatkan 15 gol dan 6 assist sepanjang kompetisi kasta kedua Liga Inggris tersebut.

Baca juga: Penghargaan Petinju Terbaik 2019 bagi Canelo Alvarez Dianggap Kontroversial

Pemain Timnas U-21 Inggris ini hampir tak pernah absen dengan turun 46 kali dari 48 laga sepanjang musim.

Sessegnon akhirnya dinominasikan masuk untuk menjadi Pemain Terbaik dan Pemain Muda Terbaik Divisi Championship musim tersebut.

Secara luar biasa, ia memenangkan lima penghargaan pada akhir musim terssebut: Pemain Terbaik Divisi Championship, Pemain Muda Terbaik Divisi Championship, Apprentice of the Year, dan masuk ke Tim Terbaik Divisi Championship serta line up terbaik pemain-pemain jebolan akademi klub Liga Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com