Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik Afrika 2017

Kompas.com - 12/12/2017, 06:23 WIB

KOMPAS.com — Pemain Liverpool, Mohamed Salah, didaulat menjadi Pemain Terbaik Afrika 2017, Senin (11/12/2017). Hal ini tak lepas dari penampilan apik Salah di level klub maupun tim nasional.  

Para pemain Mesir merayakan gol Mohamed Salah yang mengantarkan tim tersebut lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, Minggu (8/10/2017).AFP/TAREK ABDEL HAMID Para pemain Mesir merayakan gol Mohamed Salah yang mengantarkan tim tersebut lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, Minggu (8/10/2017).

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Mohamed Salah mengungguli pemain-pemain lain, seperti Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon), Naby Keita (Guinea), Victor Moses (Nigeria), dan rekan satu tim Salah, Sadio Mane (Senegal).

Penghargaan yang diterima Salah tersebut ditengarai karena pada awal 2017 ia sukses membawa Mesir menjadi runner-up Piala Afrika.

Salah juga mencetak gol penentu kemenangan yang membuat Mesir lolos ke Piala Dunia 2018, pertama kali sejak 1990.

"Saya sangat bahagia mendapatkan penghargaan ini," kata Salah seperti dilansir BolaSport.com dari BBC.

"Selalu ada perasaan istimewa ketika memenangi penghargaan. Ini adalah tahun yang baik, saya sangat bahagia," ucapnya menambahkan.

Didatangkan Liverpool dari AS Roma dengan nilai transfer 42 juta euro pada bursa transfer lalu, Salah langsung menunjukkan kontribusi positif.

Saat ini Salah memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 13 gol.

(Baca Juga: Hari Minggu Tersuram bagi Jose Mourinho dalam 13 Tahun Terakhir)

Semasa bermain di Italia, ia juga mengukir rekor yang terbilang ciamik.

Jumlah 15 gol dan 11 asis yang dibukukan Salah selama semusim cukup mengantarkan Roma menjadi runner-up Liga Italia musim lalu.

"Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan di Liverpool dan AS Roma. Juga tak lupa rekan-rekan saya di tim nasional Mesir," kata pemain 25 tahun itu. (Taufan Bara) 

AFP Jadwal Pertandingan Fase Grup Piala Dunia 2018

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com