Benjamin Mendy dan Kiprah Bek-bek Sayap Perancis di Manchester City - Kompas.com

Benjamin Mendy dan Kiprah Bek-bek Sayap Perancis di Manchester City

Anju Christian
Kompas.com - 25/07/2017, 06:46 WIB
Benjamin Mendy resmi bergabung dengan Manchester City, Senin (24/7/2017).MANCHESTER CITY Benjamin Mendy resmi bergabung dengan Manchester City, Senin (24/7/2017).

KOMPAS.com - Benjamin Mendy memiliki modal sejarah untuk meraih kesuksesan bersama klub barunya, Manchester City, setelah transfer rampung, Senin (24/7/2017)

Tengok saja kiprah bek-bek sayap asal Perancis seperti Mendy bersama klub beralias The Citizens. Ada Laurent Charvet, Gael Clichy, dan Bacary Sagna.

Charvet mungkin menjalani karier kurang bagus. Dia tercatat menjalani 23 pertandingan dengan seragam Manchester City dari 2000 hingga 2003.

Pemain yang kini sudah gantung sepatu itu, juga tidak pernah menyumbangkan gelar buat publik Etihad.

Cuma, kisah berbeda dilalui dua pemain lainnya. Clichy dan Sagna menjadi salah satu aktor kebangkitan Manchester City pada era milenium.

Clichy direkrut dari Arsenal dengan biaya 7,75 juta euro (setara Rp 120,1 miliar) pada musim panas 2011. Selama enam tahun berseragam The Citizens, dia memenangi sejumlah gelar, termasuk dua titel Premier League, kasta pertama Liga Inggris.

Masih ingat laga kontra Queens Park Rangers yang membuat Manchester City meraih juara pada pekan terakhir? Clichy juga tampil penuh dalam laga tersebut.

Catatan 203 penampilan dengan hiasan tiga gol turut mengonfirmasi peran vital Clichy selama membela Manchester City.

Aroma Perancis di sisi pertahanan Manchester City semakin kental dengan kedatangan Sagna pada musim panas 2014.

Tampil bersama Clichy sebagai starter, Sagna mengantarkan Manchester City juara Piala Liga Inggris pada 2016.

Total 86 laga dilakoni Sagna dalam tiga tahun karier di Etihad. Jumlah itu tergolong banyak karena dia kerap diterpa cedera.

Kini, Sagna dan Clichy telah pergi. Namun, warna Perancis  tetap hadir di sisi kanan pertahanan Manchester City melalui Mendy.

Dengan kostum bernomor 22 peninggalan Clichy, Mendy bukan mustahil mengikuti jejak sukses pendahulunya.

PenulisAnju Christian
EditorJalu Wisnu Wirajati
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM