Rabu, 29 Maret 2017

Bola / Liga Indonesia

Catatan Sepak Bola Nasional 2016

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Suporter timnas Indonesia memberi dukungan saat pertandingan laga final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama melawan Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand dan akan bertanding di final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg kedua di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016) mendatang.

KOMPAS.com — Sepanjang 2016, sepak bola nasional diwarnai berbagai momen penting, mulai dari kompetisi substitusi, pencabutan sanksi, sampai kelahiran kembali tim nasional (timnas).

Dengan menembus final Piala AFF secara di luar dugaan, timnas menorehkan cerita manis untuk menutup perjalanan sepak bola nasional tahun ini.

Berikut ini adalah enam momen penting sepak bola nasional pada 2016:

TSC dan PT GTS

Dok. PT GTS Para pemain Persipura Jayapura bergembira merayakan keberhasilan menjadi juara TSC 2016 di Stadion Mandala, Minggu (18/12/2016).

Torabika Soccer Championship (TSC) menjadi satu-satunya kompetisi sepak bola nasional yang bergulir pada 2016. Kompetisi ini menjadi pengganti sementara untuk Indonesia Super League (ISL).

Berbeda dengan turnamen-turnamen sebelumnya sejak terjadi pembekuan terhadap PSSI, TSC menggunakan format kompetisi penuh. Pertandingan pembukaan TSC dilangsungkan di Jayapura antara tuan rumah Persipura dan Persija Jakarta, Jumat (29/4/2016). 

TSC berada di bawah naungan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) sebagai operator. Dalam hal ini, PT GTS menggantikan peran PT Liga Indonesia.

Dari April hingga Desember, TSC bergulir. Gelar juara akhirnya direbut Persipura Jayapura dengan keunggulan empat angka atas Arema Cronus.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Anju Christian
Editor : Jalu Wisnu Wirajati