Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FA Minta Pertanggungjawaban Mourinho

Kompas.com - 09/01/2015, 05:31 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menilai pelatih Chelsea Jose Mourinho telah melakukan tindakan tidak pantas, berkaitan dengan komentarnya setelah pertandingan Premier League antara Chelsea dan Southamton, pada 28 Desember 2015. Mourinho diberi waktu hingga 13 Januari 2015 pukul 18.00 untuk merespons dakwaan tersebut.

Usai pertandingan antara Chelsea dan Soton yang berakhir 1-1 itu, Mourinho menilai timnya dirugikan oleh pemimpin laga itu, wasit Anthony Taylor. Menurut Mourinho, ini bukan pertama kalinya timnya dirugikan oleh wasit. Ia pun menilai ada konspirasi untuk mencegah The Blues menjuarai Premier League 2014-2015.

"Jose Mourinho didakwa FIFA melakukan kesalahan berkaitan dengan komentar di media yang disampaikannya setelah pertandingan antara Chelsea dan Southampton pada 28 Desember 2014," ujar FA, Kamis (8/1/2015).

"Pernyataan itu dinilai sebagai tindakan tidak pantas karena komentar itu berisi tuduhan dan atau pernyataan yang biasa berkaitan dengan seorang wasit atau para wasit dan atau merusak reputasi sepak bola."

"Ia memiliki waktu hingga 13 Januari 2015 pukul 18.00 untuk menanggapi gugatan ini."

"FA juga memeriksa komentar sebelum pertandingan yang disampaikan Mourinho pada 19 Desember 2014 sebelum pertandingan antara Chelsea dan Stoke City dan setelah mempertimbangkan pandangannya mengenai masalah ini memutuskan tidak menjatuhkan gugatan dan memberi peringatan formal kepadanya."

"FA melarang mereka yang terlibat (dalam pertandingan)menyampaikan komentar pra-pertandingan termasuk komentar yang positif, berkaitan dengan ofisial yang dipilih untuk pertandingan tertentu."

"Soal apakah ofisial bisa teridentifikasi dari nama atau implikasinya, hal ini dinilai sebagai pelanggaran Peraturan FA Poin E3," demikian pernyataan FA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com