Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diintervensi Pemerintah, FIFA Skors Nigeria

Kompas.com - 10/07/2014, 17:41 WIB
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menjatuhkan skors kepada Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF). Pasalnya, pemerintah negara tersebut melakukan intervensi.

Keputusan ini diambil setelah pengadilan Nigeria memecat petinggi NFF, dan pemerintah menunjuk administrator tunggal untuk pengelolaan sepak bola di negara itu. Hal ini dilakukan setelah tim nasional mereka kembali dari Piala Dunia di Brasil. Super Eagles gagal menorehkan prestasi terbaik dalam event empat tahunan itu karena tersingkir di babak 16 besar.

"Komite Darurat FIFA memutuskan pada hari ini untuk menjatuhkan skors kepada Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) dengan dampak yang berlaku secepatnya. Skors dijatuhkan karena campur tangan pemerintah," demikian pernyataan FIFA, Rabu (9/7/2014).

Sampai skors itu dicabut, Nigeria tidak akan dapat bermain pada Piala Dunia Putri U-20 yang dijadwalkan berlangsung pada 5-24 Agustus di Kanada.

Atas hukuman tersebut, Nigeria merasa terpukul dan kecewa. Terlebih lagi, timnas Nigeria U-17, yang berstatus juara bertahan, terancam gagal ikut Kejuaraan Afrika Junior tahun depan di Niger karena mereka harus melakoni laga kualifikasi pada 20 Juli di Kongo.

Mantan pelatih Nigeria, Christian Chukwu, mengatakan, "Ranah sepak bola kami akan banyak menderita karena hanya ini yang bisa membantu kami."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com