Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi Persib Mempertahankan Legenda Achmad Jufriyanto

Kompas.com - 02/07/2024, 17:00 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasca kontraknya selesai akhir musim kemarin, Achmad Jufriyanto dipastikan akan bertahan di Persib Bandung menatap  Liga 1 2024-2025

Pemain dengan koleksi dua gelar bersama Persib itu, sudah mengikuti sesi latihan perdana tim pada Selasa (2/7/2024) di Stadion Sport Jabar, Arcamanik. 

Interim Director of Sports Persib Adhitia Putra Herawan menerangkan, Jupe—sapaan sang pemain—diproyeksikan menjadi player coach. 

Pelatih kepala Bojan Hodak punya proyek jangka panjang untuk Maung Bandung yang bakal tampil di AFC Champions League 2.  

Baca juga: Latihan Perdana Persib, Dihadiri 17 Pemain, Tanpa Asing dan Hodak

“Sudah ada latihan, sekarang Jupe player coach, makanya juga sudah join latihan. Kontraknya berapa lama ya ada lah, durasi tertentu,” kata Adhitia.  

“Karena kita kan ada long term project di Persib ini jadi kami ingin orang-orang yang memang bisa stay lama di sini, bisa melakukan proyek jangka panjang inilah,” paparnya. 

Demi proyek jangka panjang tersebut, manajemen Persib mencari sosok-sosok yang bisa berperan di dalam tim salah satunya Jupe. 

Sehingga durasi kontrak yang disodorkan pun tak hanya setahun, namun beberapa musim kedepan. 

“Kami enggak mungkin setahun, makanya kita pasti kontrak juga agak panjang,” terang Adhitia. 

Baca juga: Negosiasi Hampir Rampung, Dua Pemain Baru Persib Siap Diumumkan

Ia memastikan, bertahannya Jupe di tim tidak lepas dari rekomendasi yang diberikan Bojan Hodak.

“Ya. Termasuk apa yang diminta Bojan untuk musim depan,” jelasnya. 

Sebelumnya Bojan Hodak pernah menerangkan bagaimana peran Achmad Jufriyanto di timnya saat ini. 

Ia sebagai penyambung lidah pelatih ke pemain maupun sebaliknya. Jupe juga adalah sosok yang dihormati oleh banyak pemain termasuk para pemain asing. 

“Jupe merupakan salah satu pemain tertua di tim, banyak pemain menaruh hormat padanya, pemain asing juga menaruh hormat pada pemain lokal sepertinya,” terang Hodak

“Dia adalah bagian dari sejarah Bandung, dia merupakan bagian dari tim ketika terakhir menjuarai liga (2014),” paparnya. 

Baca juga: Kata Umuh soal Persib Lambat, Adem Ayem, di Bursa Transfer

Hodak juga tahu Jupe pernah bermain di Liga Malaysia bersama Kuala Lumpur City FC musim 2018. Ia fasih berbahasa inggris menjadikan nilai plus. 

“Bagi saya, nilai lebihnya dia pernah bermain di luar negeri, bermain di Malaysia, jadi dia bisa mengerti bahasa dan apapun yang saya butuhkan untuk menerjemahkan sesuatu dalam bidang sepak bola,” beber Hodak. 

“Dia bisa memberikan informasi yang saya butuhkan. Jadi bagus bisa memiliki sosok yang bisa memandang banyak hal di sekitar dan di masa depan dia akan menjadi pelatih yang bagus,” ucap pelatih asal Kroasia itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com