Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepati Janji, Fachruddin Aryanto Pulang ke PSS

Kompas.com - 02/07/2024, 15:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - PSS Sleman memboyong kembali pemain berposisi bek tengah Fachruddin Aryanto.

Fachruddin memang bukan sosok yang asing bagi Sleman Fans. 

Bek timnas Indonesia tersebut sempat bermain untuk PSS Sleman pada tahun 2008 hingga 2012.

Setelah 12 tahun meninggalkan PSS, Fachruddin kembali ke Sleman.

Baca juga: Berselebrasi seperti Ronaldo, Bellingham Terancam Sanksi

Pemain asal Klaten ini sendiri mengibaratkan kembalinya dia ke PSS seperti halnya seorang anak pergi merantau kemudian kembali ke rumah yang telah membesarkannya.

“Kembali ke PSS Sleman seperti pulang ke rumah yang sudah lama saya tinggalkan. Harapan kembalinya saya di PSS bisa membawa kembali tim kebanggaan masyarakat Sleman berada di klasemen yang lebih baik,” kata Fachruddin Aryanto.

Kembalinya bek tangguh langganan timnas Indonesia ini adalah jawaban atas janjinya yang ingin kembali ke Sleman setelah melakukan perjalanan sepak bola dengan beberapa klub.

“Alasan memutuskan saya kembali ke sini adalah untuk menunaikan janji kepada diri sendiri saat pertama meninggalkan klub ini. Suatu saat saya ingin kembali lagi di PSS," jelas Fachruddin. 

"Alhamdulillah ada tawaran bermain di PSS, tanpa berpikir panjang saya memenuhi janji saya kembali lagi di PSS,” ucapnya menambahkan. 

Lahir 19 Februari 1989, Fachrudin sudah bergabung dengan PSS Sleman pada usia 19 tahun.

“PSS adalah klub profesional pertama saya di sepak bola. Menurut saya, itulah momen terbesar selama saya menggeluti sepak bola profesional,” dia menambahkan.

Suporter PSS Sleman saat mendukung timnya berlaga di Stadion Maguwoharjo Sleman.Dokumentasi PSS Sleman Suporter PSS Sleman saat mendukung timnya berlaga di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Perjalanan panjangnya di sepak bola profesional telah membawanya bermain untuk beberapa klub sepak bola.

Hal tersebut tidak membuatnya kehilangan sikap rendah hatinya untuk beradaptasi serta mempelajarai tantangannya di lingkungan tim dengan warna kebesaran hijau.

“Tantangan di PSS itu pasti ada karena saya menjadi orang baru lagi di sini. Saya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru di tim. Kemudian beradaptasi dengan apa yang diminta dari pelatih,” kata Fachruddin.

Pemain yang lekat dengan posisi kapten di berbagai tim klub maupun timnas Indonesia menyatakan tekanan di PSS Sleman pasti ada. Menurutnya tekanan dari PSS Fans adalah jalur bagi PSS Sleman ke papan atas.

“Tekanan itu pasti ada karena PSS memiliki suporter dengan gairah serta antusiasme tinggi dalam mendukung PSS. Insya Allah, bersama tim baru ini kita bisa mencapai bersama apa yang ditargetkan manajemen dan PSS Fans. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan,” pungkasnya.

Mengenai target pribadi, secara tegas Fahruddin menegaskan dia bertekad bersama PSS akan berjuang membawa gelar juara kasta tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com