Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Vs Filipina: Jordi Amat Absen, Jay Idzes Siap

Kompas.com - 10/06/2024, 09:30 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jay Idzes berbicara soal Jordi Amat yang akan absen dalam laga Indonesia vs Filipina. Menurut Idzes, setiap pemain bisa melakukan kesalahan.

Jordi Amat tidak akan bisa bermain dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara timnas Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024).

Eks bek Swansea City itu terkena hukuman larangan bermain, seiring kartu merah yang diterimanya kala menghadapi Irak dalam laga kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (6/6/2024) silam.

Kala itu, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong takluk 0-2 dari Irak.

"Tentu Jordi adalah pemain penting bagi kami, dia punya banyak pengalaman. Dia adalah figur baik di tim, tapi kami juga punya banyak pemain bagus," ujar Jay Idzes kepada awak media termasuk Kompas.com, di Stadion Madya, pada Minggu (9/6/2024).

"Ada banyak pemain yang bisa mengisi posisi itu, saya juga sudah kembali. Tinggal pelatih membuat keputusan. Kami bersiap dengan baik dan memiliki tim bagus," kata pemain yang kini membela Venezia itu.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Posisi yang ditinggalkan Jordi Amat bisa diisi oleh Jay Idzes. Menilik pada perjumpaan dengan Vietnam pada Maret 2024, Idzes diturunkan sebagai bek tengah.

Ia kala itu dipasangkan dengan Rizky Ridho dan Justin Hubner. Alternatif lain, jika STY tidak ingin menurunkan Jay Idzes, sang pelatih asal Korea Selatan bisa memainkan Sandy Walsh, Rizky Ridho, dan Justin Hubner.

Pertandingan melawan Filipina akan bermakna krusial bagi timnas Indonesia yang sedang mengincar kelolosan menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia butuh kemenangan atas Filipina untuk menyegel tiket ke ronde berikut. Apabila bisa membekuk Filipina, skuad Garuda tak perlu memikirkan hasil laga Irak vs Vietnam.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Filipina, Ernando Ari Sudah Mulai Tersenyum

Tekanan untuk menang dapat membuat pemain kian rentan melakukan kesalahan, seperti yang terjadi saat Indonesia kalah 0-2 dari Irak dan Jordi Amat terkena kartu merah.

"Saya tahu itu, tapi inilah sepak bola. Setiap orang bisa melakukan kesalahan. Hal yang penting kami belajar dari kesalahan dan menatap ke depan," ucap Jay Idzes.

"Jadi semua orang membuat kesalahan termasuk saya. Seperti yang saya bilang, penting untuk terus melangkah dan menjadi lebih baik."

"Kami melihat ulang pertandingan, setiap orang tahu apa yang bisa ditingkatkan lagi," tutur pemain kelahiran Mierlo, Belanda, itu.

Indonesia kini menempati posisi kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin. Skuad Garuda hanya unggul satu angka atas Vietnam di urutan ketiga.

Hasil imbang atau kalah saat menjamu Filipina tidak akan cukup bagi Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga, apabila Vietnam menang atas Irak.

Dengan kata lain, jika ingin lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia tak boleh meraih hasil lebih jelek daripada Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com