Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cedera Jadi Ancaman Luke Shaw dan Inggris di Euro 2024

Kompas.com - 09/06/2024, 21:33 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Luke Shaw buka suara tentang risiko yang diambil timnas Inggris untuk Euro 2024 atau Piala Eropa terkait permasalahan cederanya.

Bek Manchester United itu menjadi satu-satunya bek kiri yang masuk skuad Inggris asuhan Gareth Southgate untuk Piala Eropa di Jerman.

Southgate memutuskan untuk mengambil risiko pada Shaw yang baru saja pulih dari cedera hamstring setelah absen selama empat bulan.

Shaw belum dipastikan fit untuk pertandingan awal. Dia pun mengatakan harus berjuang keras demi bisa tampil di laga pembuka melawan Serbia nanti.

Baca juga: Indonesia Latihan Jelang Vs Filipina, Jay Idzes-Jordi Ikut, Dipenuhi Fans Wanita

Pemain berusia 28 tersebut belum kembali berlatih maksimal dan menegaskan tidak mau mengambil keputusan yang dapat mengancam kesehatannya. 

Kendati demikian, Shaw tetap ingin turun merumput di pertandingan pertama Inggris minggu depan nanti.

“Tentu saja, saya sangat ingin tampil di game pertama, tetapi itu tidak sepenuhnya tergantung pada saya. Kami menjalani hari demi hari, melihat bagaimana reaksi saya dalam latihan,” kata Shaw dikutip dari Mirror.

"Saya tidak ingin terburu-buru karena saya hanya punya satu peluang. Namun, kini keadaannya terlihat lebih positif dan saya merasa baik-baik saja," tuturnya.

"Saya sangat berterima kasih kepada Gareth karena telah memilih saya dan menunjukkan kepercayaannya. Bagi saya, ini tentang membalasnya dan melakukan segala yang saya bisa untuk menjadi bugar dan membantu tim memenangi Euro ini," katanya.

Baca juga: Kata Endrick Usai Mencetak Gol Pakai Nomor Keramat Timnas Brasil

Pada Piala Eropa 2020, Shaw berhasil mencetak gol di babak final sebelum Inggris kalah dari Italia lewat adu penalti.

Kini, skuad berjulukan The Three Lions itu menjadi favorit untuk memenangi trofi pertama mereka sejak 1966.

Namun, persiapan Inggris sedikit terganggu setelah kekalahan 0-1 dari Islandia di Wembley pada hari Jumat lalu waktu setempat, mengingat Euro 2024 akan segera digelar.

Inggris berada di Grup C Euro 2024 bersama Slovenia, Denmark, dan Serbia. The Three Lions akan menjalani laga pembuka kontra Serbia di Arena Veltins, Minggu (16/6/2024) waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com