Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Madura United, Kesiapan Mental Pemain Laskar Sape Kerrab Hadapi Tekanan

Kompas.com - 26/05/2024, 12:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesiapan mental pemain menjadi perhatian kapten Madura United, Fachruddin Aryanto, dalam menyongsong pertandingan leg 1 final Championship Series Liga 1 2023-2024 saat melawan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Minggu (26/5/2024) malam WIB.

Menurut dia, fisik dan teknik yang mumpuni tidak akan cukup dalam menjalani laga perebutan gelar juara ini.

Ambisi juara dari lawan dan totalitas suporter tuan rumah bakal menciptakan atmosfer yang menguji mental pemain di dalam lapangan.

Hal ini mengingat lawan mempunyai motivasi besar untuk kembali merasakan manisnya gelar juara Liga Indonesia sejak terakhir pada 2014 silam.

Baca juga: Persib Vs Madura United, Sape Kerrab Usung Filosofi Madruji

"Kita tahu semua, ini laga final. Mungkin saya perlu garis bawahi bahwa mental kami yang lebih penting karena kami lawan Persib dan kami away, jadi harus siap mental," ucap Fachruddin Aryanto.

Kini, ia pun memastikan tim tidak datang ke Bandung dengan persiapan setengah hati. Pemain sudah siap tampil habis-habisan untuk memetik hasil maksimal di leg pertama ini.

Motivasi tim berjuluk Laskar Sape Kerrab untuk memenangi pertandingan tidak kalah besarnya berambisi untuk mengangkat trofi juara Liga Indonesia pertamanya.

"Kami sampai di final ini karena kami sudah mempunyai mental yang kuat. Mudah-mudahan laga berjalan dengan baik," harap mantan bek timnas Indonesia itu.

Baca juga: Persib Bandung Vs Madura United, Rivera Utamakan Kepentingan Tim

Fachrudin Aryanto juga mengungkapkan pemain Madura United sudah baik secara individu maupun tim. Jeda yang cukup memberikan waktu untuk memulihkan stamina pemain dan menyusun strategi meredam permainan Bojan Hodak dan anak asuhnya.

"Secara teknis dan taktikal pelatih sudah menyiapkan ketika di Bangkalan sudah bagus dan berjalan lancar," ucapnya.

Di sisi lain sebagai bek dipastikan akan mendapatkan ujian yang sangat berat. Sebab, Persib berstatus sebagai tim paling produktif sepanjang Liga 1 2023-2024 ini.

Pemain Madura United Fachruddin Aryanto berteriak saat laga pekan ke-18 Liga 1 2023-2024 melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (1/11/2023) malam.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain Madura United Fachruddin Aryanto berteriak saat laga pekan ke-18 Liga 1 2023-2024 melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (1/11/2023) malam.

Total 65 gol yang telah mencetak 65 gol sepanjang 34 pekan di regular series serta mencetak empat gol dalam dua leg laga melawan Bali United di championship Series ini.

Selain itu lawan diperkuat David da Silva yang memuncaki top skor dengan torehan 27 gol.

Penyerang asal Brasil tersebut dipastikan membawa pulang sepatu emas karena torehan golnya tidak lagi terkejar oleh pemain lain. Kemudian ada Ciro Alves yang mencetak 16 gol sejauh ini.

"Saya dan pelatih mikir kita lihat Persib dari sebuah tim. Sama dengan kita antisipasi juga bahwa sebagai tim. Saya pribadi sebagai pemain belakang kita tahu pemain depan Persib bagus-bagus semua," ujar Fachruddin Aryanto.

"Jadi, kami harus lebih fokus. Seperti halnya kita main away kita harus kuat mental dengan tekanan maupun permainan tim tuan rumah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com