Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Piala Asia 2023: Menang Dramatis Lawan Irak, Yordania ke Perempat Final

Kompas.com - 29/01/2024, 20:46 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Yordania melaju ke perempat final Piala Asia 2023 setelah menang dramatis atas Irak pada babak 16 besar. 

Duel Irak vs Yordania di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Senin (29/1/2024) malam WIB, tuntas dengan skor 2-3.

Tiga gol yang mengantarkan Yordania ke perempat final dicetak Yazan Al Naimat (45+1'), Yazan Al Arab (90+5'), dan Nizar Al Rashdan (90+7'). 

Sementara, sepasang gol Irak dibukukan oleh Suad Natiq (68') dan Aymen Hussein (76').  

Baca juga: Piala Asia 2023, Ketika Pemain Australia Linglung Usai Jebol Gawang Indonesia...

Yordania membuka keunggulan lebih dulu berkat gol dicetak oleh Yazan Al Naimat pada injury time tepatnya menit ke-45+1. 

Pemain Irak salah mengumpan dan bola disambut Yazan yang langsung berlari ke kotak penalti dan mencungkil si kulit bulat melewati kiper Jalal Hassan. 

Singa Mesopotamia, julukan Irak, membuat sejumlah peluang setelah kebobolan termasuk dua upaya Hussein Ali Haidar yang semuanya gagal berbuah gol. 

Usaha Irak untuk menciptakan gol berbuah manis pada menit ke-68 berkat sundulan Saad Natiq yang memanfaatkan sepak pojok Ali Jasim. 

Baca juga: Petar Segrt, Eks PSM dan Dongeng Indah Tajikistan di Piala Asia 2023

Yordania mendapatkan kesempatan emas untuk menambah gol tetapi bola tak terjangkau Mousa Tamari yang ada di depan gawang. 

Irak balik memimpin pada menit ke-76 yang bermula dari umpan Merchas Doski ke dalam kotak penalti. 

Bek Yordania, Yazan Al Arab, menyundul bola berniat menghalau. Namun, si kulit bulat justru jatuh di kaki Aymen Hussein di belakangnya. 

Aymen tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyarangkan bola. Ia selebrasi seperti sedang makan sambil duduk bersila, hal yang juga dilakukan para pemain Yordania usai mencetak gol pada babak pertama. 

Namun, wasit langsung mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Aymen yang membuat sang pemain harus keluar lapangan lebih cepat. 

Saat kemenangan sudah di depan mata, Irak kembali kebobolan pada menit ke-90+5 lewat tendangan Yazan Al Arab yang memanfaatkan bola rebound. 

Tak berapa lama kemudian, Yordania kembali memimpin dengan skor 3-2 berkat tendangan dari luar kotak penalti Nizar Al Rashdan ke pojok kiri gawang. 

Susunan pemain Irak vs Yordania 

Irak (4-2-3-1): 12-Jalal Hassan, 25-Ahmed Al Hajjaj, 2-Rebin Solaka, 4-Saad Natiq, 3-Hussein Ali Haidar, 16-Amir Al Ammari, 20-Osama Rashid, 7-Youssef Amyn, 17-Ali Jasim, 8-Ibraheem Bayesh, 18-Aymen Hussein. 

Yordania (3-4-2-1): 1-Yazeed Abulaila, 3-Abdallah Nasib, 5-Yazan Al Arab, 17-Salem Al Ajalin, 23-Ehsan Haddad, 21-Nizar Al Rashdan, 14-Raja'ei Ayed, 13-Mahmoud Al Mardi, 10-Mousa Tamari, 9-Ali Olwan, 11-Yazan Al Naimat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com