Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persis Vs Persib, Luis Milla Bakal Rotasi David da Silva

Kompas.com - 18/12/2022, 07:00 WIB
Adil Nursalam,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adalah hal sulit mempertahankan para pemain utama di tengah jadwal padat kompetisi Liga 1 2022-2023.

Pelatih Persib Bandung Luis Milla dipastikan akan kembali merotasi pemainnya di laga Persis vs Persib di Stadion Sultan Agung Bantul, pada pekan ke-15 Liga 1 2022-2023, Minggu (18/12/2022).

Demi mendulang poin penuh menebus hasil imbang kontra Dewa United sebelumnya, Milla bakal menyiapkan daftar susunan pemain berbeda melawan Persis Solo

“Ya, sulit untuk tidak melakukan rotasi. Jeda antarpertandingan hanya tiga hari dan sulit untuk bisa dalam kondisi 100 persen dari para pemain,” tutur Milla.

Baca juga: Padatnya Jadwal Liga 1 2022-2023, Pemain Persib Jadi Korban

Pada tiga pertandingan terakhir, pelatih berusia 56 tahun itu kerap mengubah daftar susunan pemain di timnya.

Beberapa nama yang tak pernah absen main dari menit pertama di antaranya Teja Paku Alam, Achmad Jufriyanto, Dedi Kusnandar dan David da Silva

Sangat memungkinkan keempatnya dirotasi atau dibangku cadangkan terlebih dahulu melawan Persis nanti.

Hal ini diupayakan agar pemain bersangkutan tak mengalami cedera yang bisa lebih parah merugikan tim seperti yang terjadi kepada Febri Hariyadi atau Zalnando sebelumnya.

Baca juga: Cedera Horor Zalnando, Semua Pemain Persib Terpukul

“Kami akan melakukan rotasi, pemain yang sudah banyak bermain dan mendapat menit tampil juga tentu kemungkinan menderita cedera jadi lebih besar,” papar Milla.

Persib menjadi salah satu tim yang menjadi korban padatnya jadwal Liga 1 2022-2023 Desember ini.

Febri mengalami cedera hamstring, lebih parah lagi Zalnando dinyatakan absen 12-16 minggu karena cedera dislokasi engkel.

Baca juga: Operasi Berhasil, Pemain Persib Zalnando Menepi 12-16 Minggu

Milla akan memberikan kepercayaan kepada pemain lainnya di bangku cadangan.

Rotasi yang bisa Milla lakukan ada pada sektor pertahanan ia bisa mengandalkan bek Timnas U20 Kakang Rudianto. Peran Zalnando juga bisa digantikan Frets Butuan atau Daisuke Sato.

Meski sulit mengganti David da Silva, top skor sementara Liga 1 tersebut membutuhkan istirahat setelah menjalani tiga laga tak tergantikan main secara penuh.

Milla dapat memberi kepercayaan lini depan kepada penyerang lainnya Ciro Alves atau Ezra Walian di lini depan. Ia lalu dapat memasukan DDS sebagai pemain pengganti.

“Jadi akan ada pemain yang sudah banyak mendapat menit bermain akan disimpan, lalu akan tampil pemain yang kurang mendapatkan menit bermain,” tutur Milla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com