Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Perdamaian, Jakmania Akan Diundang dalam Laga Persib Vs Persija

Kompas.com - 21/09/2022, 21:20 WIB
Adil Nursalam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laga panas Persib Bandung melawan Persija Jakarta akan berlangsung selepas jeda internasional, tepatnya pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

Pertandingan Persib vs Persija dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022).

Manajemen Persib melalui sang direktur, Teddy Tjahjono, berencana mengundang perwakilan Jakmania datang menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion.

Hal ini sebagai upaya awal manajemen Persib—setelah berdiskusi dengan pentolan suporter—agar Bobotoh dan Jakmania bisa berdamai.

Jumlah pendukung Persija yang akan diundang berjumlah 20-30 orang pengurus yang akan ditempatkan di controller box Stadion GBLA.

Meski baru mampu menempatkan Jakmania di tempat khusus, Persib berharap ke depannya bisa menyediakan tribune untuk Jakmania di Bandung.

Baca juga: Kebijakan Khusus Panpel Pertandingan di Laga Liga 1 Persib vs Persija

Teddy menyebutkan pihak keamanan dan pentolan Bobotoh akan menjamin keamanan dan keselamatan 30 Jakmania tersebut selama berada di Bandung.

“Kami akan mengundang 20 atau 30 orang pengurus inti dari Jakmania. Dari situ kemudian bersama sama dengan tokoh Bobotoh akan berangkat bersama sama dari Jakarta ke GBLA. Nonton bersama sama dari control box, bukan dari tribune,” papar Teddy.

Sebelum pertandingan, Jakmania yang ditemani Bobotoh akan menebar virus perdamaian di stadion.

“Kemudian akan ada aktivasi yang sifatnya mereka pakai baju putih semua membawa misi dan propaganda tertentu buat kedamaian ini,” kata Teddy.

Selepas pertandingan, keamanan dan perwakilan Bobotoh yang menemani, akan mengantarkan Jakmania kembali ke wilayah masing-masing dan memastikan keselamatan mereka.

Teddy berharap rencana panitia pelaksana (Panpel) Persib itu bisa terealisasi pada hari pertandingan nanti.

“Kemudian setelah selesai mereka akan pulang dan diantar tokoh tokoh Bobotoh ini sampai ke Jakarta, ini kan niatan baik, propaganda baik, kita coba komunikasikan semoga bisa dilaksanakan,” harap Teddy.

Baca juga: Kesan Asisten Luis Milla di Tim, Nantikan Atmosfer Persib Vs Persija

Rencana dan usaha yang akan ditempuh Persib kali ini, sama halnya dengan benih-benih perdamaian yang dilakukan Aremania juga Bobotoh pada laga Arema FC vs Persib.

Pada laga pekan kesembilan Liga 1 2022-2023, Aremania menerima dengan baik 500 suporter Persib. Mereka berbagi tribune di Stadion Kanjuruhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com