Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Sandang Status Tim Paling Banyak Kebobolan di Liga 1 2022-2023

Kompas.com - 30/08/2022, 10:25 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung kini menyandang status sebagai tim yang paling banyak kebobolan di Liga 1 2022-2023 sampai pekan ketujuh. 

Sebanyak 18 gol bersarang di gawang Persib dalam tujuh pertandingan yang telah dijalani di Liga 1 2022-2023. 

Pertahanan Persib musim ini tampak rapuh dan mudah dijebol lawan. Pada pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2022-2023 PSM vs Persib di Stadion BJ Habibie, Parepare, Senin (29/8/2022), tim tamu asal Bandung takluk 1-5. 

Bila dihitung, rata-rata Persib kebobolan 2,57 gol per pertandingan. Sejauh ini, Maung Bandung baru mencatat sekali cleansheet atau laga tanpa kemasukan saat menang 1-0 di kandang PSS Sleman.

Baca juga: Pekan Ke-7 Liga 1 2022-23: Pesta 29 Gol yang Ditutup Kehancuran Persib di Kandang PSM

Padahal, Persib musim lalu adalah tim Liga 1 dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Sepanjang Liga 1 2021-2022, Maung Bandung hanya bobol 21 kali dari 34 pertandingan. 

Banyak faktor yang menjadi sebab kerapuhan pertahanan Persib, mulai dari hengkangnya Ardi Idrus, serta cederanya beberapa pemain belakang pada masa pramusim dan awal kompetisi Liga 1 2022-2023.

Seperti diketahui kiper Teja Paku Alam, serta personel defensif macam Victor Igbonefo, Nick Kuipers, dan Henhen Herdiana mengalami cedera dan sakit.

Kekalahan 1-5 Persib dari PSM disebut tidak normal. Kapten Persib, Achmad Jufriyanto, pun merasa perlu meminta maaf atas hasil buruk tersebut. 

Baca juga: PSM Vs Persib: Alasan Luis Milla Gagal Debut bersama Maung Bandung

Persib tampak belum bisa belajar dari kekalahan telak lain. Sebelumnya, Maung Bandung pernah ditaklukkan Borneo FC Samarinda 1-4.

“Kami sebagai pemain semua meminta maaf atas hasil buruk yang terjadi hari ini. Ini di luar normal,” tutur Jupe sapaan akrab Jufriyanto.

Sepanjang karier Jupe di Persib, barangkali kekalahan dari PSM itu yang paling memalukan. 

Achmad Jufriyanto ingin Persib segera bangkit dan melupakan kekalahan telak dari PSM.

Baca juga: PSM Vs Persib 5-1: Gol Cepat Juku Eja Jadi Awal Petaka Maung Bandung

“Selama saya bermain di Persib, ini yang membuat saya pribadi memalukan dan saya rasa kami sebagai pemain tidak bisa berada di situasi seperti ini. Kami harus bangkit,” ucapnya.

Pemilik nomor punggung 16 Persib ini mengajak seluruh pemain untuk introspeksi diri, berusaha lebih baik pada laga selanjutnya. 

Dalam waktu dekat Persib akan menghadapi RANS Nusantara FC, Minggu (4/8/2022).

“Semua pemain harus introspeksi apa yang terjadi di dalam tim. Kami berusaha bangkit ke depannya. Banyak pertandingan yang harus dilewati,” kata Jupe menandaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com