Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mo Salah Raih Penghargaan Gol Terbaik Liga Inggris, Hattrick Gelar Individu

Kompas.com - 31/05/2022, 14:00 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah, telah dinobatkan sebagai peraih penghargaan Goal of the Season atau Gol Terbaik Liga Inggris 2021-2022.

Penghargaan Gol Terbaik Liga Inggris musim ini diberikan untuk gol Mo Salah saat Liverpool melawan Manchester City di Anfield pada 3 Oktober 2021.

Dalam laga yang berakhir imbang 2-2 itu, gol kedua Liverpool lahir berkat aksi brilian Mo Salah.

Bintang asal Mesir itu melakukan solo run di sisi kiri pertahanan Man City, mengecoh beberapa pemain lawan, sebelum melepaskan tendangan kaki kanan ke tiang jauh.

Baca juga: Mo Salah Menangi Penghargaan PFA Fans Player of the Year 2021-2022

Kiper Man City, Ederson Moraes, pun tak bisa menjangkau bola sehingga kembali kebobolan dalam laga yang akhirnya berkesudahan dengan skor 2-2 itu.

Mo Salah meraih penghargaan Gol Terbaik Liga Inggris dengan mengungguli sembilan nama lainnya, termasuk gol roket Cristiano Ronaldo ke gawang Tottenham (Manchester United vs Tottenham, 12 Maret 2022).

Nama-nama lainnya yang masuk nominasi, yakni Miguel Almiron, Danny Ings, Mateo Kovacic, Alexandre Lacazette, Rodri, Son Heung-min, Andros Townsend, dan Wilfried Zaha.

Adapun pemenang Gol Terbaik Liga Inggris ditentukan lewat voting dari para fan, yang kemudian digabungkan dengan suara para ahli sepak bola.

Bagi Mo Salah, penghargaan tersebut membuatnya mencatat hattrick gelar individu di Premier League 2021-2022.

Sebelumnya, pemain berusia 29 tahun itu juga memenangi Golden Boot dan Playmaker Award Premier League.

Golden Boot diberikan atas pencapaian Mo Salah sebagai top skor Liga Inggris musim ini (23 gol). Dia berbagi gelar dengan Son Heung-min (Spurs) yang juga punya torehan gol serupa.

Sementara, Playmaker Award jatuh ke tangan sang pemain asal Mesir setelah memuncaki daftar pencatat assist Premier League musim ini (13 assist).

Selain tiga penghargaan dari Premier League tersebut, Mo Salah turut dianugerahi sebagai pemain terbaik Liga Inggris dalam penghargaan Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA) versi suporter.

Pencapaian individu Mo Salah musim ini juga diiringi prestasi bersama Liverpool dengan memenangkan dua trofi domestik, Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com