Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Madrid dan Trofi Liga Champions Ke-14: Jejak Fenomenal Raja “Kekacauan Total”

Kompas.com - 29/05/2022, 18:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

 

KOMPAS.com - Real Madrid selalu bisa lepas dan keluar dari sebuah kekacauan total. Kemenangan 1-0 atas Liverpool dan raihan trofi juara Liga Champions 2021-2022 menegaskan itu.

Camila Cabello menyapa, berlenggak-lenggok menyanyikan lagu hits “Havana” dengan balutan busana putih. Penyanyi Amerika Serikat kelahiran Kuba itu diiringi oleh deretan penari berkostum warna-warni.

Koreografi penari yang membentuk kata “Hola” mengiringi atraksi Camila Cabello dalam pembukaan final Liga Champions 2021-2022 Liverpool vs Real Madrid di Stade de France, Perancis, Minggu (29/5/2022)

Aksi Camila Cabello seperti setitik hiburan dalam rangkaian kekacauan total yang mengiringi final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid.

Total chaos. Itulah penggambaran media-media Eropa jelang laga bergengsi penentu trofi Liverpool vs Madrid.

Sepak mula laga final Liverpool vs Madrid sempat tertunda selama 36 menit karena terjadi kekacauan di luar Stade de France.

Baca juga: Real Madrid Juara Liga Champions, Strategi Terbaik dari Ancelotti “Si Miskin Taktik”

Suporter Liverpool menumpuk di gerbang stadion dan kesulitan masuk. Keriuhan pun terjadi dalam lautan manusia itu.

Sepak Mula Telat

Petugas keamanan stadion merespons dengan semprotan gas air mata yang lantas memicu kepanikan fan. Beberapa fan, termasuk anak-anak, dibuat tersedak dan menangis gara-gara gas air mata.

Laga Liverpool vs Real Madrid memang begitu menyedot animo penonton. Bus yang membawa pemain Liverpool bahkan dilaporkan sampai tertahan di keramaian pada pukul 19.35 waktu setempat, alias kurang dari 90 menit jelang sepak mula awal yang ditentukan, yakni pukul 21.00.

Insiden di luar stadion lantas berujung kepada penundaan sepak mula yang sempat terjadi dua kali.

Awalnya, UEFA memutuskan memundurkan kick-off menjadi pukul 21.15 waktu setempat, guna memberi kesempatan kepada fan Liverpool yang masih tertahan di luar stadion untuk masuk.

Namun, 15 menit tidaklah cukup. Penundaan terjadi lagi sampai UEFA memutuskan sepak mula dihelat pada pukul 21.36.

Akibat penundaan sepak mula tersebut, otot-otot personel Liverpool dan Real Madrid jadi kendur lagi dan sampai perlu melakukan pemanasan dua kali.

Setelah Camila Cabello bernyanyi, laga final Champions League Liverpool vs Madrid pun dimulai, tepat pada 21.36 waktu Perancis, atau Minggu (29/5/2022) dini hari pukul 02.36 WIB.

Duel berjalan satu arah dengan Liverpool mengendalikan total permainan dan Thibaut Courtois, kiper Madrid, sibuk melakukan penyelamatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com