Kompas.com - 28/05/2022, 12:20 WIB
|

KOMPAS.com - Sepak bola progresif ala AC Milan asuhan Stefano Pioli bisa jadi pemicu kelahiran aturan baru.

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, adalah salah satu pelatih yang paling tegas menyuarakan soal kebutuhan sepak bola akan aturan baru, yakni penerapan actual time atau effective time dalam sepak bola.

Stefano Pioli kembali menyuarakan itu dalam sesi eksklusif tanya jawab bersama media pilihan, termasuk KOMPAS.com, Rabu (25/5/2022).

KOMPAS.com mendapatkan kesempatan langka dengan menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang diundang dalam sesi eksklusif bersama Stefano Pioli, pelatih yang baru saja mengantar AC Milan juara Liga Italia 2021-2022.

“Ide spesifiknya adalah untuk menerapkan waktu yang efektif. Jika bola keluar, jika ada cedera, jika ada buang-buang waktu,” kata Pioli dalam sesi tersebut.

Baca juga: EKSKLUSIF - Stefano Pioli Bahas Ritual Malam Pertama AC Milan dengan Trofi Juara Serie A

Pioli memang terbilang “rewel” terkait permasalahan “actual time”.

Sebagai informasi, actual time atau effective time merupakan waktu saat bola “hidup” dalam permainan tanpa menghitung beberapa momen yang bisa menghentikan laga semodel lemparan ke dalam, pergantian pemain, atau pemain cedera.

Nah, menurut Pioli belakangan actual time dalam laga sepak bola, terlebih di Italia, kian menyusut.

Pioli pernah menyebut saat AC Milan ditahan Udinese 1-1 pada Februari silam, permainan sejatinya tak berdurasi 90 menit, tapi cuma 45 menit!

Hitungan Pioli tersebut berdasarkan durasi waktu bola hidup sepanjang laga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.