Kompas.com - 31/01/2022, 06:51 WIB

KOMPAS.com - Tim nasional putri Filipina mengukir sejarah setelah lolos ke semifinal AFC Women's Asian Cup atau Piala Asia Wanita 2022. 

Keberhasilan Filipina tersebut dipastikan usai tim berjuluk The Malditas itu mengalahkan Taiwan pada pertandingan yang digelar di Stadion Shree Shivchhatrapati Sports Complex, Minggu (30/1/2022). 

Filipina membuka keunggulan terlebih dahulu lewat aksi Quinley Quezada (49'), sebelum Taiwan menyamakan kedudukan via gol Zhuo Li-ping (82'). 

Skor 1-1 itu bertahan hingga pertandingan dalam waktu normal berakhir. Alhasil, laga pun dilanjutkan ke babak extra time atau tambahan waktu. 

Baca juga: Hasil Piala Asia Wanita: Australia Gugur, Jepang ke Semifinal, Filipina Ukir Sejarah

Pada babak yang berlangsung 2x15 menit itu, baik Filipina maupun Taiwan tak ada yang berhasil menyarangkan bola ke gawang.

Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang. 

Sebanyak 4 dari 6 pemain Filipina berhasil mengeksekusi tendangan penalti, yakni Sara Castaneda, Tahnai Annis, Olivia Davies-McDaniel, dan Sarina Bolden.

Sementara di kubu Taiwan, mereka cuma berhasil menyarangkan bola tiga kali ke gawang Filipina melalui tendangan Tin Chi, Wang Hsiang-hue, dan Ying-Hui Chen. 

Alhasil, Filipina pun menang 4-3 melalui adu penalti dan melaju ke semifinal Piala Asia Wanita 2022

Baca juga: Janji PSSI Usai Timnas Indonesia Tersingkir di Piala Asia Wanita 2022

Filipina lolos sambil mengukir sejarah. Mereka untuk kali pertama berhasil menembus semifinal Piala Asia Wanita dan memastikan tempat di Piala Dunia Dunia Wanita 2023. 

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa dari tim dan sejarah bagi negara," kata pelatih Filipina Alen Stajcic, dilansir Kompas.com dari situs resmi AFC. 

"Untuk saat ini, setiap anak muda di Filipina bisa terinspirasi untuk tampil di Piala Dunia. Tim ini bangga dengan satu sama lain, tetapi mereka lebih bangga untuk menginspirasi generasi berikutnya," ujar Alen Stajcic. 

Pada semifinal Piala Asia Wanita 2022, Filipina akan melawan Korea Selatan yang lolos setelah mengalahkan Australia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.