Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Berharap Masyarakat Indonesia Dukung Kembali Marselino

Kompas.com - 08/05/2024, 23:28 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap agar masyarakat Indonesia bisa kembali memberi dukungan kepada Marselino Ferdinan jelang laga playoff Olimpiade 2024 kontra Guinea pada Kamis (9/5/2024).

Timnas U23 Indonesia akan menghadapi rintangan terakhir demi ambisi mengambil tiket terakhir ke Paris 2024. Partai playoff antarkonfederasi menghadapi wakil Afrika tersebut akan bergulir di Clairefontaine, sedikti di luar kota Paris.

Salah satu pemain yang bakal jadi andalan adalah gelandang serang muda, Marselino Ferdinan. Pencetak dua gol di Piala Asia U23 2024 masih menjadi andalan dalam membongkar pertahanan lawan.

Namun, ia menjadi salah satu kambing hitam dari beberapa sektor suporter Tanah Air setelah Garuda Muda menyerah 1-2 kontra Irak pada laga perebutan peringkat ketiga di Piala Asia U23.

Baca juga: Setop Merundung Pemain Timnas U23 Indonesia!

Hujatan mengalir kepada pemain berusia 19 tahun tersebut dan pemain KMSK Deinze ini sempat merespons secara tidak langsung lewat Instagram Story-nya.

Sejauh ini beberapa pemain senior Timnas Indonesia seperti Evan Dimas, Marc Klok, dan Asnawi Mangkualam telah memasang badan untuk juniornya tersebut dan kini STY pun mengambil tanggung jawab.

"Saya menerima laporan soal Marselino dan saya lihat ada kesalahan dari sang pemain juga," ujar Shin di konferensi pers virtual pada Rabu malam.

"Saya seharusnya memberi saran kepada Marselino juga. Maaf kepada para fans, seharusnya dia tidak begitu."

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sports Kompascom (@sports.kompascom)

"Itu mungkin hanya sesaat karena dia masih muda."

Baca juga: Aji Santoso: Marselino Punya Bakat Komplet untuk Jadi Pemain Besar

Shin pun mengungkapkan beban mental yang anak-anak Garuda Muda rasakan sepanjang turnamen dan terutama setelah kekalahan-kekalahan lawan Uzbekistan dan Irak.

Apalagi, pasukan Shin harus menghadapi dua kali babak perpanjangan waktu dari enam laga yang dijalani sepanjang kompetisi dengan waktu istirahat hanya sekitar tiga hari.

"Dirinya sangat terpukul usai hasil kontra Irak sehingga dia sampai menangis setelah kekalahan tersebut," tuturnya menambahkan.

"Sekarang saya memohon para fans sepak bola Indonesia mengerti dan memberi hiburan karena Marselino ada cedera otot tetapi dia tetap bekerja keras untuk laga besok."

"Kami semua juga sama (tak berada dalam kondisi fit), kami satu bulan lebih di luar negeri," ujar Shin melanjutkan.

"Kami menganggap semua laga adalah final. Dalam situasi ini kami mengharapkan dukungan dari masyarakat dan fans sepak bola Indonesia."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com