Kompas.com - 02/01/2022, 01:02 WIB

KOMPAS.com - Piala AFF 2020 menjadi bukti kebangkitan sepak bola Asia Tenggara di tengah pandemi Covid-19. Sinergi antarnegara-negara Asia Tenggara pun diutarakan penting dalam membangun manfaat bagi semua.

Piala AFF 2020 bergulir pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022 setelah sempat ditunda setidaknya dua kali dari jadwal awal pada November-Desember 2020.

Hasilnya, timnas Thailand keluar sebagai juara dan mengoleksi trofi keenam mereka di ajang negara-negara Asia Tenggara ini setelah mengalahkan timnas Indonesia 6-2 secara agregat.

Piala AFF 2020 merupakan turnamen sepak bola regional terkini yang bangkit di tengah pandemi setelah Piala Eropa dan Copa America.

Baca juga: Daftar Penghargaan Piala AFF 2020: Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik

Para pemain Timnas Indonesia menyapa suporter yang telah mendukung sepanjang laga, usai pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Thailand sukses keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah pada laga final leg kedua melawan Indonesia berakhir imbang 2-2 dan menang dengan keunggulan agregat 6-2.ROSLAN RAHMAN Para pemain Timnas Indonesia menyapa suporter yang telah mendukung sepanjang laga, usai pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Thailand sukses keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah pada laga final leg kedua melawan Indonesia berakhir imbang 2-2 dan menang dengan keunggulan agregat 6-2.

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth mengungkapkan, bergulirnya Piala AFF secara tersentral di Singapura tersebut merupakan bukti komitmen kuat semua stakeholder terkait untuk sepak bola Asia Tenggara.

"Kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk tetap menghidupkan gairah sepak bola di tengah pandemi. Bersama-sama dengan semua stakeholder, AFF Suzuki Cup 2020 dapat digelar," ujar Khiev Sameth dalam rilis yang diterima Kompas.com.

“Selamat untuk Thailand yang tampil sebagai juara. Selamat juga untuk Indonesia yang tampil mengesankan dengan pemain mudanya dalam turnamen ini,” kata Khiev Sameth lagi.

Baca juga: Kata Mano Polking Usai Bawa Thailand Juara Piala AFF 2020

Ketua Komite Kompetisi AFF, Fransisco Kabualdi Lay, menyebutkan turnamen ini mengusung slogan emerging stronger together (bangkit bersama, lebih kuat).

"Ini merupakan penghargaan bagi para garda depan dan suatu semangat untuk kebangkitan bersama dimulai dari Piala AFF 2020," jelas Fransisco Kabualdi.

Wakil Presiden AFF, Ratu Tisha Destria menambahkan, sinergi negara-negara Asia Tenggara sangat dibutuhkan untuk mempertahankan eksistensi sepak bola.

"Ke depan, pada gilirannya sepak bola akan memberikan manfaat untuk sekitar," kata Ratu Tisha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.