Kompas.com - 09/09/2021, 16:20 WIB
Penjaga gawang Madura United untuk musim 2020, M Ridho. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPenjaga gawang Madura United untuk musim 2020, M Ridho.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kiper Madura United, M Ridho, punya barang unik yang kini akan selalu dibawa selama menjalani Liga 1 2021-2022. Barang tersebut adalah konsol game, PlayStation.

Meskipun kurang praktis, M Ridho merasa main game ini efektif untuk mengusir kejenuhan.

Selama menjalani seri 1 Liga 1 ini memang kegiatan pemain di luar pertandingan sangatlah terbatas. Larangan keluar hotel membuat pemain terbelenggu di satu area.

“Karena main game-nya juga main bola. Saya tidak bisa main game yang lain. Malah saya tidak pernah main game di HP,” ujar pemain asal Pekalongan kepada Kompas.com.

M Ridho mengakui sudah gandrung bermain game sejak kecil. Bahkan, dulu dia sampai pernah memainkan berbagai macam konsol game.

Baca juga: Belajar dari Alfred Riedl, Pemain AHHA PS Pati Harusnya Disanksi 5-15 Juta untuk Disumbangkan ke Panti Asuhan

Yang menarik, bermain game sepak bola juga menjadi cara unik itu meningkatkan ketangkasannya sebagai penjaga gawang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang tidak ada bukti yang mengatakan hubungan antara bermain game dan performa di lapangan, tetapi dia merasakan sendiri, percaya atau tidak.

“Jadi kadang waktu kiper melakukan penyelamatan (di game) kadang aku replay sendiri. Agak konyol sih, tapi ya itu kenyataannya,” ucap mantan pemain Borneo FC.

Meskipun demikian, sebagai pemain profesional, M Ridho mempertegas bahwa bermain game ini hanya selingan saja di waktu luang.

Dia memastikan hobinya tersebut tidak mengganggu tanggung jawabnya sebagai atlet.

“Saya memainkannya di waktu senggang saja dan tidak boleh lebih dari jam 10 malam. Selain main PS, saya biasa juga menonton latihan kiper-kiper top lewat YouTube. Sekarang hiburannya juga ketambahan video call dengan anak-anak,” pungkasnya.

Selama seri 1 Liga 1 2021-2022 yang diselenggarakan di Jabodetabek, Madura United memilih untuk ber-homebase di Jakarta.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.