Kompas.com - 31/07/2021, 08:00 WIB
Penyerang Persib Bandung, Wander Luiz, berduel dengan pemain belakang Persela Lamongan, saat kedua tim bentrok pada pekan ke-1 Liga 1 2020, di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (1/3/2020). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPenyerang Persib Bandung, Wander Luiz, berduel dengan pemain belakang Persela Lamongan, saat kedua tim bentrok pada pekan ke-1 Liga 1 2020, di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (1/3/2020).

KOMPAS.com - Persib Bandung berada dalam situasi sulit bila Liga 1 2021 digelar pada 20 Agustus. Maung Bandung mengatakan tidak akan memiliki masa persiapan ideal untuk tampil di kompetisi.

Mengacu pada rencana jadwal penyelenggaraan kompetisi dan masa berlaku PPKM level 4 hingga 2 Agustus, Persib hanya memiliki waktu persiapan selama lebih kurang dua pekan untuk menghadapi kompetisi.

Selama masa PPKM Darurat, Persib memang tidak bisa menggelar sesi latihan tim.

Para pemain pun hanya menjalani latihan mandiri. Tentu saja, kondisi para pemain Persib belum berada dalam level ideal bila harus tampil di kompetisi penuh dengan masa persiapan yang hanya dua pekan.

Belum lagi, ada kemungkinan sesi latihan tim Persib pada pekan-pekan awal tidak diikuti semua pemain. Terlebih, beberapa pemain asing atau naturalisasi saat ini tengah berada di negara asalnya.

Baca juga: Dapat Banyak Tawaran, Nick Kuipers Ungkap Alasan Setia Bersama Persib

Para pemain tersebut tidak bisa langsung bergabung dalam sesi latihan tim lantaran harus menjalani karantina mandiri selama lima hari setibanya di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Siapapun yang berkecimpung di olahraga profesional akan berpikir ini hal yang mustahil untuk dilakukan," kata pelatih Persib Robert Rene Alberts, kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

"Karena di musim normal, biasanya pemain akan mendapat libur enam pekan setelah mereka menjalani satu musim kompetisi," tutur pelatih asal Belanda itu.

"Sebelum berlatih bersama tim, pemain akan berlatih lebih dulu secara individual untuk mempersiapkan diri sementara klub memiliki waktu enam pekan untuk bersiap menghadapi musim baru," sambung dia.

Pelatih berusia 66 tahun itu melihat situasi tim Persib yang sudah satu bulan tidak menjalani sesi latihan tim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.