Kompas.com - 01/07/2021, 18:20 WIB
Manajer sekaligus pelatih Madura United musim 2021, Rahmad Darmawan. KOMPAS.com/Suci RahayuManajer sekaligus pelatih Madura United musim 2021, Rahmad Darmawan.

KOMPAS.com - Pelatih Madura United Rahmad Darmawan kepincut dengan trend bertahan di paruh lapangan sendiri yang digunakan mayoritas tim di Euro 2020.

Cara kerja tren pertahanan ini adalah menginstruksikan pemain cepat turun dalam transisi hingga ke setengah lapangan.

Model pertahanan ini cukup sulit dieksekusi. Sebab, strategi ini berpusat pada kekompakan tim dan pergerakan dalam melakukan transisi.

Namun, Rahmad berpendapat, efektifitasnya sebanding dengan tingkat kerumitan pergerakan tim.

“Semua tim memainkan pertahanan yang dalam saat hilang bola. Sehingga, tim lawan butuh kreativitas tinggi dan variasi dalam memecahkan problem ruang untuk menyerang,” ujar pelatih asal Lampung tersebut kepada Kompas.com.

Harry Maguire merayakan gol kedua Inggris ke gawang Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 yang dilangsungkan di Stadion Wembley, London, pada Selasa (29/6/2021) malam WIB. (Foto: Andy Rain/POOL/AFP)AFP/ANDY RAIN Harry Maguire merayakan gol kedua Inggris ke gawang Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 yang dilangsungkan di Stadion Wembley, London, pada Selasa (29/6/2021) malam WIB. (Foto: Andy Rain/POOL/AFP)

Terlepas dari itu, Rahmad Darmawan juga mengaku mengikuti perkembangan tim Inggris di Euro 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain karena memang menjagokan Negara Ratu Elizabeth II itu untuk juara, Rahmad Darmawan juga senang melihat gaya bermain Harry Kane cs.

Dia pun menyempatkan diri menyaksikan Inggris berlaga di sela-sela kesibukannya tanpa harus mengorbankan prioritas pekerjaan yakni di Madura United.

“Dari awal saya mendukung Inggris. Alasannya, Inggris sekarang sudah semakin fasih dalam permainan yang mengedepankan penguasaan bola dan bervariatif saat menyerang,” tutur mantan pelatih Tira Persikabo tersebut.

“Saya biasa menonton langsung pertandingan yang kick-off jam 23.00. Namun, biasanya saya hanya menyaksikan rekaman atau kadang highlight untuk laga yang mulai jam 02.00,” pungkasnya.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.