Daftar Pemain J.League Bersinar di Kompetisi Dunia Mulai Piala Eropa sampai Piala Dunia

Kompas.com - 25/06/2021, 13:00 WIB
Bek timnas Belgia Thomas Vermaelen (3) tampil dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa melawan Wales pada Kamis (25/3/2021). Twitter/BelRedDevilsBek timnas Belgia Thomas Vermaelen (3) tampil dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa melawan Wales pada Kamis (25/3/2021).
|

KOMPAS.COM - Gelaran Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 dan Copa America menyita perhatian pencinta sepak bola di seluruh dunia saat ini. 

Pemain Vissel Kobe, Thomas Vermaelen, jadi salah satu yang ikut serta dalam gelaran Piala Eropa 2020 bersama timnas Belgia yang merupakan salah satu favorit juara di edisi kali ini.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Copa America 2021 - Chile Tumbang, Argentina Aman
Tampilnya bek berusia 35 tahun itu semakin memperpanjang daftar deretan bintang J.League yang tampil dan bersinar di kompetisi dunia, entah itu di Piala Eropa sampai ke Piala Dunia.

Sean Carroll menulis untuk J.League sejarah para pemain dari Liga Jepang yang pernah menyita perhatian dunia di kompetisi antarnegara.

Copa America 1995

Ada enam pemain J.League yang menghuni skuad timnas Brasil saat mencapai final Copa America 1995 yang berlangsung di Uruguay, negara yang mengalahkan mereka di final.

Jorginho dan Leonardo berasal dari Kashima Antlers, sedangkan Yokohama Flugels juga mengirimkan dua pemain: Cesar Sampaio dan Zinho.

Selain itu ada Ronaldao (Shimizu S-Pulse) dan kapten tim, Dunga, yang saat itu bermain di Jubilo Iwata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ronaldao, Zinho, dan Leonardo semua mencetak gol di babak grup, Brasil menang tiga kali tanpa kebobolan. Dunga mencetak gol dalam adu penalti lawan Argentina di perempat final.

Di final, Zinho dan Dunga berhasil melaksanakan tugas adu penalti dengan baik, meski kemudian gagal jadi juara.

Dua tahun berselang, Dunga dan Cesar Sampaio masih jadi bagian timnas Brasil yang jadi juara Copa America 1997.

Piala Eropa 1996

Pada 1996, Kroasia kali pertama tampil di Euro sebagai negara independen. Salah satu nama yang dipanggil memperkuat timnas Kroasia adalah Mladen Mladenovic.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X