Pertandingan Liga 1 dan Liga 2 Dipastikan Tanpa Penonton di Stadion

Kompas.com - 18/06/2021, 15:00 WIB
Pemain Arema FC Johan Ahmad Alfarizi dijaga ketat kapten Persib Bandung, Supardi saat Liga 1 2020 pekan ketiga yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Minggu (08/03/2020) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Arema FC Johan Ahmad Alfarizi dijaga ketat kapten Persib Bandung, Supardi saat Liga 1 2020 pekan ketiga yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Minggu (08/03/2020) sore.
|

KOMPAS.COM - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021-2022 dipastikan digelar tanpa penonton di stadion. 

"Tidak ada penonton di stadion sepanjang musim ini. Itu karena mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 di negara kita yang kasusnya masih tinggi," kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno. 

LIB menilai Indonesia masih belum siap untuk memfasilitasi kehadiran penonton di dalam stadion saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Finalisasi Format Kompetisi 2021 Dibahas dalam Manager Meeting Klub dan LIB

Salah satu permasalahannya adalah persoalan infrastruktur. Sudjarno mengingatkan masih banyak stadion di Indonesia, yang dipakai di liga, belum menggunakan kursi tunggal (single seat).

Kalau pun stadion tersebut memiliki kursi tunggal, masih ada juga yang belum memiliki penomoran baris.

Hal-hal tersebut dinilai menyulitkan untuk menerapkan regulasi pembatasan jarak fisik (physical distancing) antarpenonton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masalah lainnya soal pengaturan pembelian tiket secara daring dan pelaksanaan protokol kesehatan.

"Jadi, musim 2021-2022 akan kami manfaatkan untuk mengkaji soal penonton tersebut sambil menyiapkan semuanya, termasuk infrastruktur. Kalau itu sudah dilakukan, Insyaallah pada musim 2022-2023 penonton dapat datang ke stadion," kata Sudjarno.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan bergulir mulai 10 Juli 2021 sampai Maret 2022.

Kompetisi itu berlangsung dengan format liga penuh, tetapi dengan sistem seri. Ada enam seri yang akan dilaksanakan di tiga klaster daerah di Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Sementara Liga 2 Indonesia 2021 rencananya digelar pada akhir Juli sampai Desember 2021.

Kompetisi ini diproyeksikan berlangsung dalam format turnamen, di mana 24 tim peserta akan melalui fase penyisihan grup.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X