Daftar 26 Tim yang Akan Tampil di Fase Grup Liga Champions 2021-2022

Kompas.com - 27/05/2021, 13:30 WIB
Bola yang digunakan pertandingan Liverpool vs Porto dalam perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, 9 April 2019. AFP/LLUIS GENEBola yang digunakan pertandingan Liverpool vs Porto dalam perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, 9 April 2019.
|

KOMPAS.COM - Sebanyak 26 tim dipastikan akan berlaga di fase grup Liga Champions 2021-2022.

Seperti yang sudah berlaku dalam tiga tahun terakhir, 26 tiket fase grup Liga Champions sudah ditentukan berdasarkan hasil liga domestik, Liga Champions dan Liga Europa musim sebelumnya.

Rinciannya adalah dua tiket dialokasikan untuk juara bertahan Liga Champions dan Liga Europa. 

Sisanya, 10 tiket untuk juara liga domestik 10 peringkat teratas koefisiensi UEFA.

Lantas enam tiket untuk tim runner-up liga domestik enam peringkat teratas koefisiensi UEFA. Sebanyak delapan tiket masing-masing untuk tim urutan ketiga dan keempat liga domestik empat peringkat teratas koefisiensi UEFA.

Baca juga: Juventus, Real Madrid, dan Barcelona Tantang UEFA Soal Super League

Meskipun final Liga Champions belum dimainkan, tetapi dua tim finalis, yakni Manchester City dan Chelsea, sudah lolos berdasarkan peringkat di liga domestiknya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alhasil, jatah tiket fase grup lungsur ke juara Liga Turki, Besiktas, yang liganya menempati peringkat ke-11 koefisiensi UEFA.

Sedangkan Villarreal yang menjuarai Liga Europa 2020-2021, langsung mendapat hak tampil di babak utama Liga Champions musim depan kendati hanya finis di posisi ketujuh klasemen akhir Liga Spanyol.

Dengan kata lain, Villarreal langsung naik dua kelas, dari yang seharusnya mengikuti babak playoff kualifikasi kompetisi strata ketiga UEFA Liga Conference menjadi langsung ke Liga Champions.

Sebanyak 21 dari 26 tim yang sudah mendapat tiket fase grup Liga Champions musim lalu juga ambil bagian dalam babak utama kompetisi paling bergengsi Eropa tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X