Juventus Terancam Lenyap dari Serie A jika Tak Mundur dari Super League

Kompas.com - 11/05/2021, 03:30 WIB
Pemain Juventus, Alex Sandro dan Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Parma pada laga lanjutan pekan ke-32 Liga Italia di Stadion Allianz, Kamis (22/4/2021) dini hari WIB. AFP/MIGUEL MEDINAPemain Juventus, Alex Sandro dan Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Parma pada laga lanjutan pekan ke-32 Liga Italia di Stadion Allianz, Kamis (22/4/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengancam akan mendepak Juventus dari Serie A (kasta tertinggi Liga Italia) jika tidak segera mengundurkan diri dari European Super League.

Juventus bersama Barcelona dan Real Madrid adalah tiga klub yang menolak mundur dari proyek European Super League (ESL). 

Ancaman demi ancaman pun menghampiri ketiga klub tersebut.

Terkini, Presiden FIGC Gabriele Gravina tak segan mengeluarkan pernyataan bahwa federasi akan mendepak Juventus dari kompetisi Serie A. 

Baca juga: Keputusan UEFA terhadap Klub-klub Pembangkang Anggota Super League

Dia tidak akan mengizinkan Juventus tampil di Serie A musim depan jika tak segera meninggalkan ESL.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika klub menerima untuk ambil bagian di Liga Italia, mereka menerima prinsip-prinsip badan internasional," kata Gravina dalam konferensi pers, seperti dilansir dari Football Italia.

"Jelas bahwa jika Juventus tidak menerima prinsip-prinsip ini, mereka akan dilarang tampil di liga domestik," tuturnya.

"Saya minta maaf, saya melihat beberapa fans khawatir, tetapi semua orang harus menghormati aturan," katanya.

"Sembilan klub telah memutuskan mundur dari kompetisi (Super League), masih ada tiga yang terlibat. Namun, saya berharap perselisihan ini akan segera berakhir," ucap Gabriele Gravina.

European Super League digagas 12 klub elite Eropa termasuk Juventus, Real Madrid, dan Barcelona, yang dideklarasikan pada Senin (19/4/2021).

Baca juga: Dihantam AC Milan, Juventus Memalukan, Tidak Punya Ide...

Namun, sembilan tim sudah resmi menyatakan mundur dari ESL serta mengakui bahwa proyek tersebut adalah sebuah kesalahan dan telah meminta maaf kepada fans, federasi, liga, dan para klub lain dalam lingkup UEFA.

Sembilan tim tersebut kemudian telah menyerahkan "Deklarasi Komitmen Klub" ke UEFA, yang menetapkan komitmen di kompetisi resmi UEFA dan Liga Domestik.

Komitmen klub-klub tersebut telah diterima dan telah ditandatangani UEFA pada Jumat (7/5/2021) waktu setempat.

Adapun sembilan klub yang dimaksud adalah Liverpool, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, Atletico Madrid, Inter Milan, dan AC Milan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X