4 Klub Pendiri Super League Terancam Larangan Tampil di Liga Champions Selama 2 Tahun

Kompas.com - 07/05/2021, 06:00 WIB
Presiden UEFA Aleksander Ceferin dalam sebuah pertemuan di markas UEFA, Nyon, Swiss, pada 4 Desember 2019. AFP/FABRICE COFFRINIPresiden UEFA Aleksander Ceferin dalam sebuah pertemuan di markas UEFA, Nyon, Swiss, pada 4 Desember 2019.


KOMPAS.com - Persoalan European Super League (ESL) kembali mencuat ke permukaan. Padahal, isu ini sempat mereda.

Berdasarkan laporan ESPN, UEFA selaku induk sepak bola Eropa tengah mempersiapkan sanksi kepada empat tim yang belum mengundurkan diri dari ESL.

European Super League dideklarasikan pada Senin (19/4/2021). Namun, hanya 48 jam kemudian atau Rabu (21/4/2021), wacana menggelar ESL ditangguhkan menyusul mundurnya 8 dari 12 klub pendiri kompetisi tersebut.

Adapun 8 tim yang dimaksud adalah Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Inter Milan, dan Atletico Madrid.

Baca juga: 4 Tim Belum Cabut dari European Super League, UEFA Kian Tebar Ancaman

Mundurnya kedelapan tim tersebut tak lepas dari gelombang protes serta ancaman UEFA dan FIFA yang dengan tegas melarang peserta European Super League tampil di kompetisi di bawah naungan mereka.

Atletico Madrid, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Tottenham Hotspur, dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk tetap setia dengan kompetisi di bawah naungan UEFA.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Inter Milan dilaporkan juga hampir mencapai kesepakatan dengan UEFA.

Kini, tersisa empat klub yang masih berada di European Super League yaitu Real Madrid, Barcelona, Juventus, dan AC Milan.

UEFA pun telah menyiapkan sanksi berat kepada empat klub tersebut berupa pelarangan tampil di Liga Champions dan Liga Europa selama dua tahun.

Hal itu karena Real Madrid, Barcelona, Juventus, dan AC Milan dianggap telah melanggar pasal 51 statuta UEFA.

Halaman:


Sumber ESPN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X