Lionel Messi dan Gerard Pique Target Utama Kampanye Hitam Eks Presiden Barcelona

Kompas.com - 01/03/2021, 22:00 WIB
Gerard Pique merayakan gol Lionel Messi pada pertandingan Girona vs Barcelona di Stadion Montilivi dalam lanjutan La Liga Spanyol, 27 Januari 2019. 
AFP/LLUIS GENEGerard Pique merayakan gol Lionel Messi pada pertandingan Girona vs Barcelona di Stadion Montilivi dalam lanjutan La Liga Spanyol, 27 Januari 2019.

KOMPAS.com - Mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, ditangkap kepolisan Catalunya, Spanyol, pada Senin (1/3/2021) waktu setempat.

Josep Maria Bartomeu menjadi salah satu dari empat orang yang ditangkap terkait skandal Barcagate yang terjadi sejak tahun lalu.

Tiga orang lainnya, yakni CEO Oscar Grau, Kepala Bagian Hukum Roman Gomez Ponti, dan penasihat Bartomeu, Jaume Masferrer.

Keempat orang tersebut ditahan usai pihak kepolisian melakukan penggeledahan di kompleks perkantoran Barcelona di Stadion Camp Nou.

Baca juga: Mantan Presiden Barcelona Ditangkap Kepolisian Spanyol

Josep Maria Bartomeu diamankan pihak kepolisian wilayah Catalunya di kediamannya, Senin pagi waktu setempat.

Diberitakan KOMPAS.com sebelumnya, penahanan yang dilakukan kepada Bartomeu dilakukan usai jaksa penuntut dalam kasus ini menemukan bukti pelanggaran administrasi ketika yang bersangkutan menjabat sebagai presiden Barcelona.

Josep Maria Bartomeu dan ketiga rekannya diketahui akan diperiksa lebih lanjut terkait kasus Barcagate ini.

Adapun, Barcagate adalah skandal di mana para petinggi Barcelona diduga melakukan kampanye hitam dengan menyewa sebuah agensi bernama I3 Ventures.

I3 Ventures diminta menyebarkan berita bohong lewat akun media sosial palsu untuk mencoreng reputasi tokoh-tokoh penting Barcelona yang tidak sepaham dengan kebijakan Bartomeu.

Josep Bartomeu melakukan hal tersebut untuk melindungi diri dari kritikan serta menjaga citra dirinya selama menduduki kursi kepemimpinan klub hingga akhirnya lengser pada Oktober 2020.

Halaman:


Sumber AS,Sport.es
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X