3 Klausul Menarik dalam Kontrak Fantastis Messi bersama Barcelona

Kompas.com - 04/02/2021, 00:31 WIB
Lionel Messi saat merayakan golnya pada laga pekan ke-21 Liga Spanyol yang mempertemukan Barcelona vs Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou, Minggu (31/1/2021). AFP/ LLUIS GENELionel Messi saat merayakan golnya pada laga pekan ke-21 Liga Spanyol yang mempertemukan Barcelona vs Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou, Minggu (31/1/2021).

KOMPAS.com - Kontrak kerja Lionel Messi bersama Barcelona senilai total 555,3 juta euro (hampir setara Rp 9,37 triliun) terungkap ke publik saat diterbitkan harian Spanyol, El Mundo Deportivo, pekan lalu.

Berdasarkan laporan tersebut, Messi disebut telah mengantongi sekitar 513 juta euro (hampir setara Rp 8,64 triliun) selama empat tahun terakhir.

Selain besaran bayaran yang diterima Messi, sejumlah klausul mengenai kewajiban dan hak sang pemain tertera dalam kontrak yang ditandatangani penyerang asal Argentina itu pada 2017.

Baca juga: Messi Seret Lima Orang di Ring 1 Barcelona ke Pengadilan

Klausul menarik pertama dalam kesepakatan kerja Messi dengan Barcelona itu menuntut sang pemain untuk terlibat secara mendalam dengan kebudayaan serta kehidupan sosial warga Catalunya.

Sebagaimana diketahui, Barcelona merupakan klub asli wilayah Catalunya yang secara terang-terangan memiliki inisiatif untuk memisahkan diri dari negara Spanyol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Messi dituntut untuk mahir menguasai bahasa Catalan dengan bantuan aktif dari pihak klub agar dapat melaksanakan kewajiban berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan sosial budaya setempat.

Seperti dilansir dari Marca, hal lain yang berkaitan dengan kewajiban tersebut adalah larangan keras bagi Messi untuk menggunakan doping.

Begitu juga dengan keharusan sang pemain mematuhi tata perilaku serta pola kehidupan warga Catalunya pada umumnya.

Sebagai gantinya, Messi diberi kesempatan istimewa untuk meninggalkan klub jika negara bagian Catalunya berhasil mewujudkan kemerdekaan saat kontraknya berjalan.

Butir kesepakatan itu didasarkan pada kemungkinan tercoretnya Barcelona dari ajang kompetisi teratas Liga Spanyol, LaLiga, jika Catalunya memerdekakan diri dari negara tersebut.

Halaman:


Sumber Marca
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.