Penjelasan Ilmiah Teknik Tendangan Bebas yang Bikin Messi Jadi Eksekutor Tersubur

Kompas.com - 01/02/2021, 19:20 WIB
Lionel Messi (kiri) saat mengeksekusi tendangan bebas pada laga pekan ke-21 Liga Spanyol yang mempertemukan Barcelona vs Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou, Minggu (31/1/2021). AFP/ LLUIS GENELionel Messi (kiri) saat mengeksekusi tendangan bebas pada laga pekan ke-21 Liga Spanyol yang mempertemukan Barcelona vs Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou, Minggu (31/1/2021).

KOMPAS.com - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, kembali mencetak gol lewat tendangan bebas saat tampil pada laga kontra Athletic Bilbao, Senin (1/2/2021) dini hari WIB.

Dalam laga Barcelona vs Athletic Bilbao yang digelar di Stadion Camp Nou itu, Lionel Messi mencetak gol tendangan bebas pada menit ke-20.

Gol tendangan bebas Lionel Messi sekaligus membantu Barcelona menang 2-1 atas Los Leones, julukan Athletic Bilbao.

Adapun satu gol tambahan untuk Barcelona dicetak oleh Antoine Griezmann pada menit ke-74.

Baca juga: Barcelona Vs Bilbao - Lionel Messi Beraksi, Barca Sukses Balas Dendam

Sementara itu, gol semata wayang tim tamu, Athletic Bilbao, tercipta berkat gol bunuh diri Jordi Alba pada menit ke-49.

Selain membantu Barcelona, Messi juga menegaskan statusnya sebagai eksekutor tendangan bebas tersubur di lima liga top Eropa dalam lima musim terakhir.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir ESPN FC, Messi telah mencatatkan 21 gol tendangan bebas dalam periode tersebut.

Soal jumlah gol tendangan bebas, Messi unggul atas eksekutor lainnya seperti Aleksandar Kolarov (Inter Milan), James Ward-Prowse (Southampton), hingga Paulo Dybala (Juventus).

Baca juga: Lionel Messi Raja Tendangan Bebas 5 Musim Terakhir, Ronaldo?

Dalam proses mengukir capaian itu, Messi mengaku telah banyak berlatih. Dia juga mempelajari arah gerak kiper lawan ketika menghadapi tendangan bebas.

"Saya melatihnya, membiasakan dengan posisi saya, langkah saya, bagaimana saya menyepak bola, menggunakan kaki saya dengan cara yang berbeda, dan melihat bagaimana hasilnya," kata Messi pada 2019, dikutip dari Goal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X