Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Ilmiah Teknik Tendangan Bebas yang Bikin Messi Jadi Eksekutor Tersubur

Dalam laga Barcelona vs Athletic Bilbao yang digelar di Stadion Camp Nou itu, Lionel Messi mencetak gol tendangan bebas pada menit ke-20.

Gol tendangan bebas Lionel Messi sekaligus membantu Barcelona menang 2-1 atas Los Leones, julukan Athletic Bilbao.

Adapun satu gol tambahan untuk Barcelona dicetak oleh Antoine Griezmann pada menit ke-74.

Sementara itu, gol semata wayang tim tamu, Athletic Bilbao, tercipta berkat gol bunuh diri Jordi Alba pada menit ke-49.

Selain membantu Barcelona, Messi juga menegaskan statusnya sebagai eksekutor tendangan bebas tersubur di lima liga top Eropa dalam lima musim terakhir.

Melansir ESPN FC, Messi telah mencatatkan 21 gol tendangan bebas dalam periode tersebut.

Soal jumlah gol tendangan bebas, Messi unggul atas eksekutor lainnya seperti Aleksandar Kolarov (Inter Milan), James Ward-Prowse (Southampton), hingga Paulo Dybala (Juventus).

Dalam proses mengukir capaian itu, Messi mengaku telah banyak berlatih. Dia juga mempelajari arah gerak kiper lawan ketika menghadapi tendangan bebas.

"Saya melatihnya, membiasakan dengan posisi saya, langkah saya, bagaimana saya menyepak bola, menggunakan kaki saya dengan cara yang berbeda, dan melihat bagaimana hasilnya," kata Messi pada 2019, dikutip dari Goal.

"Sebelumnya, saya tidak mempelajari kiper. Saya mulai mempelajari ketika harus menembak atau berhadapan satu lawan satu," ujarnya.

"Ada situasi di mana hal-hal yang Anda lihat muncul di benak Anda, dan itu membuat Anda ragu. Keraguan membuat anda salah," ucap Lionel Messi.

"Baru-baru ini saya melihatnya lagi, terutama sebelum mengambil tendangan bebas untuk menentukan apakah ada gerakan sebelumnya, apakah saya harus mengambil langkah atau tidak, bagaimana kiper bereaksi, bagaimana cara melewati pagar betis," tutur Messi menjelaskan.

Apabila melihat lebih dalam, teknik tendangan bebas Lionel Messi bisa dijelaskan secara ilmiah.

Departemen Fisika Universitas Barcelona mengatakan bahwa Messi menggunakan efek magnus saat melancarkan tendangan bebas.

Berdasarkan laporan Departemen Fisika Universitas Barcelona yang dikutip oleh SportBible, efek magnus merupakan fenomena ketika rotasi benda menghasilkan gaya tegak lurus terhadap garis gerak.

Gaya tersebut kemudian memengaruhi lintasan benda, dalam hal ini bola.

Lebih lanjut, menurut laporan tersebut, efek magnus akan terjadi jika tekanan pada permukaan bawah bola lebih besar daripada tekanan pada permukaan atas.

Alhasil, bola akan bergerak menyerupai kurva.

Dalam kasus tendangan bebas, Lionel Messi menciptakan efek ini dengan sangat baik.

Terbaru, Lionel Messi membuktikannya saat membobol gawang Athletic Bilbao.

https://bola.kompas.com/read/2021/02/01/19200048/penjelasan-ilmiah-teknik-tendangan-bebas-yang-bikin-messi-jadi-eksekutor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke