Seberapa Penting Kelanjutan Liga 1 dan 2 di Mata Shin Tae-yong?

Kompas.com - 15/01/2021, 10:40 WIB
Pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dok. PSSIPelatih sekaligus manajer timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, berbicara soal kelanjutan kompetisi Liga 1 dan 2.

Dalam pernyataannya, Shin Tae-yong mengungkapkan betapa pentingnya kelanjutan kompetisi tersebut pagi persepakbolaan Tanah Air.

Menurut Shin Tae-yong, adanya kompetisi bisa berdampak baik terhadap perkembangan sepak bola Indonesia.

Sebab, di mata Shin Tae-yong, kompetisi merupakan jantung pembinaan yang tak bisa dibandingkan dengan training camp atau laga uji coba.

Baca juga: Kekecewaan Shin Tae-yong Usai Timnas U19 Indonesia Gagal Beruji Coba di Spanyol

Selain itu, secara khusus, Shin Tae-yong mengatakan bahwa adanya kompetisi akan membantu proses pemilihan hingga pemantauan pemain untuk tim nasional.

"Tentu saya sebagai pelatih timnas Indonesia ingin Liga 1 dan 2 segera bergulir," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Hal ini sangat penting karena saya bisa memantau para pemain dan melihat perkembangan mereka."

"Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan?" ujar Shin Tae-yong.

"Kompetisi merupakan jantung pembinaan. Saya bisa saja mengambil pemain baru untuk skuad timnas U19, U23, maupun senior nantinya," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Ketegasan Shin Tae-yong Berbeda Dibanding dengan Pelatih Lokal

Di samping itu, Shin Tae-yong memikirkan kondisi para pemain timnas yang hanya mengandalkan training camp dan laga uji coba selama kompetisi ditangguhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X