Isolasi Mandiri, Klub Inggris Ingatkan Pemain Menaati

Kompas.com - 08/10/2020, 12:07 WIB
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. AP/Matt DunhamPerdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

LONDON, KOMPAS.com - Klub-klub Liga Inggris mengingatkan pemain selalu menaati protokol isolasi mandiri untu mencegah meluasnya penyebaran pandemi Covid-19.

Inggris mencatatkan peningkatan kembali kasus pandemi corona dengan rerata penambahan 554 kasus per hari.

Ilustrasi vaksin corona. Vaksin virus corona yang dikembangkan Rusia, Sputnik V diragukan ilmuwan Barat, terkait data keamanan vaksin yang dikembangkan untuk mencegah Covid-19.SHUTTERSTOCK/Orpheus FX Ilustrasi vaksin corona. Vaksin virus corona yang dikembangkan Rusia, Sputnik V diragukan ilmuwan Barat, terkait data keamanan vaksin yang dikembangkan untuk mencegah Covid-19.

Data terkini dari laman www.gov.uk menunjukkan, hingga kini, ada 36.1 juta kasus di Inggris dengan angka kematian 1,05 juta.

Sementara, jumlah pasien sembuh ada 25,1 juta.

Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berjabat tangan sebelum pertemuan kedua tim di ajang Liga Inggris, Sabtu (4/10/2020).AFP/Paul Ellis Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berjabat tangan sebelum pertemuan kedua tim di ajang Liga Inggris, Sabtu (4/10/2020).

Lantaran peningkatan jumlah kasus itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meneken peraturan lebih ketat tentang protokol kesehatan, termasuk aturan orang berkumpul, menjaga jarak, dan isolasi mandiri.

Inggris melarang orang berkumpul maksimal enam orang.

Marcus Rashford dan Jadon Sancho kala melakoni latihan bersama tim nasional Inggris.AFP/LINDSEY PARNABY Marcus Rashford dan Jadon Sancho kala melakoni latihan bersama tim nasional Inggris.

Baca juga: Arsenal Vs Sheffield, Ujian bagi Benteng Mikel Arteta

Pelanggaran akan berujung sanksi semisal kewajiban isolasi mandiri.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, resmi terinfeksi virus corona. Arteta sempat bersalaman dengan pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis, yang belakangan juga diketahui positif Covid-19.JOHN SIBLEY/REUTERS Manajer Arsenal, Mikel Arteta, resmi terinfeksi virus corona. Arteta sempat bersalaman dengan pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis, yang belakangan juga diketahui positif Covid-19.

Sementara itu, Lembaga Layanan Kesehatan Inggris (NHS) pada lamannya mengggariskan pokok-pokok mengenai isolasi mandiri.

Selain mesti melalui pemeriksaan kesehatan secara tetap dan ketat, isolasi mandiri mewajibkan seseorang sedikitnya selama 10 hari berada di ruang lingkup khusus dengan meminimalisasikan perjumpaaan dengan banyak orang.

Sundulan striker Arsenal Alexandre Lacazette (tengah) berbuah gol ke gawang West Ham United pada laga pekan kedua Liga Inggris 2020-2021 di Stadion Emirates, Sabtu (19/9/2020) atau Minggu dini hari WIB. AFP/JULIAN FINNEY Sundulan striker Arsenal Alexandre Lacazette (tengah) berbuah gol ke gawang West Ham United pada laga pekan kedua Liga Inggris 2020-2021 di Stadion Emirates, Sabtu (19/9/2020) atau Minggu dini hari WIB.

Meskipun demikian, klub-klub Liga Inggris juga menyiapkan isolasi mandiri yang membuat pemain maupun staf hingga pelatih tetap merasa nyaman.

Baca juga: Deretan Pesepak Bola dan Pelatih yang Positif Corona, Serta Penghentian Beberapa Liga di Eropa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X